Featured

Home » » Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippet di Blog

Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippet di Blog

Cara Memasang Rating Bintang Rich Snippet di Blogspot - Cara supaya/agar hasil SERP muncul bintangnya atau Cara memunculkan rating bintang di blogspot/SERP Google atau Cara membuat rating bintang muncul di serp google
Apa yang Rating Bintang Rich dan apa keuntungannya ? Rating bintang snippet adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Google yang mampu membuat tampilan hasil SERP lebih menarik karena menampilkan beberapa tanda bintang berjumlah 5 sehingga mampu menarik perhatian pengunjung (eye catching) untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita dengan tanda bintang yang disandangnya tersebut. Menurut saya pemasangan rating bintang snippet perlu untuk dilakukan karena merupakan salah satu cara mempercantik tampilan blog dan mempercantik tampilan SERP Google. Jika anda tertarik berikut ini adalah tutorial cara membuat rating bintang snippet di blogspot:
* Sebelumnya anda harus Daftar dan buat dahulu akun Google+. silahkan menuju ke sini untuk membuatnya => https://plus.google.com/pages/create
* Setelah anda selesai membuat akun Google+ maka langkah berikutnya mengalihkan profil Blogger ke Google+
Caranya sebagai berikut:
  • Pertama anda Masuk ke dasbor blog anda.
  • Kemudian anda Pilih tombol yang terhubung ke Google+ 
  • Maka akan membuka halaman baru maka klik Beralih Sekarang Juga. Lalu pada di bagian Kontirbutor Untuk centang blog anda lalu Tambahkan Blog.
  •  
* Setelah semuanya selesai, langkah selanjutnya masuk ke kode HTML blog anda. Caranya sebagai berikut:
  • Login ke akun Blogger anda.
  • Kemudian pilih ke Design/Rancangan --> Edit HTML, beri centang pada "Expand Widget Templates".
  • Lalu anda Cari kode <head> (untuk mempermudah pencarian tekan Ctrl dan F) jika sudah ketemu kode <head> copy kode berikut ini dan pastekan di bawah kode <head>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><link href='https://plus.google.com/102285791405845958439' rel='publisher'/></b:if>
  • Ubah kode yang berwarna Merah dengan ID Google Plus anda.
  • Selanjutnya cari kode <body> , dan letakan kode berikut tepat dibawahnya
<div> <div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>
  • Lalu Cari lagi kode </body> dan letakan kode berikut tepat diatasnya
</div></div>
  • Selanjutnya carilah kode HTML judul postingan anda, Pada bagian inilah yang agak sulit tapi jika sebenarnya mudah jika dicermati. Setiap template blog memiliki kode judul postingan yang berbeda-beda seperti h1, h2, h3 . Dan rata-rata yang judul posting mempunyai tag heading h3. Di sini saya contohkan pada blog yang heading h2. Perhatikan gambar dibawah ini biar lebih jelas:
  • Akan Lebih mudah jika anda sudah memasang breadcrumbs, biasanya kodenya berada dibawah kode breadcrumbs navigasi blog. Anda perhatikan pada gambar diatas, tambahkan kode yang di block warna hitam. Hasilnya adalah akan seperti dibawah ini:
<span itemprop='itemreviewed'><span itemprop='description'>
<h2 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h2>
</span>
</span>
  • Kode yang diberi warna merah merupakan kode yang di tambahkan
  • Selanjutny cari kode <span class='fn'><data:post.author/></span> lalu tambahkan kode yang berwarna merah, sehingga hasilnya akan seperti berikut ini:
<span class='fn'><span itemprop='reviewer'><data:post.author/></span></span>
  • Tahap selanjutnya yaitu proses pemasangan Rating bintang Rich Snippetnya di Artikel blog anda. Caranya anda tinggal beri kode dibawah ini di setiap posting blog anda:
Rating: <span itemprop="rating">4.5</span>
Bisa juga dengan kode yang lebih lengkap:
Rating: <span itemprop="rating">4.5</span>
Description: <span itemprop="description">ISI JUDUL POSTING ANDA</span>
Reviewer: <span itemprop="reviewer">NAMA AUTHOR ANDA</span> - Itemreviewed: <span itemprop="itemreviewed">ISI PENJELASAN DAI JUDUL POSTING ANDA</span>
·         Selesai, untuk mengecek hasil kerja anda silahkan kunjungi => http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets/ dengan memasukan link url blog anda. Bila berhasil, maka hasilnya akan seperti berikut ini:
Demikian penjelasan saya tentang cara memasang rating bintang rich snippet di blogspot. Selamat mencoba coba semoga sukses.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Anggi Rocker

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ^_^ ! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.
[-] jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
[-] jangan komentar yang berisi link hidup,
[-] jangan berkomentar yang tidak relevan dan berkualitas rendah ,karena akan saya abaikan dan tidak akan saya Approve. Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.
SERING-SERING BERKUNJUNG SOBAT

 
Support : Google Impact | Google.com
Copyright © 2013. 1# | Knowledge and inspiration - All Rights Reserved
Template Modify by Anggirocker
Proudly powered by Blogger