Home » , , » Tips Membentuk Otot Lengan dengan Cepat

Tips Membentuk Otot Lengan dengan Cepat


PDF Print E-mail


Membentuk otot lenganMungkin anda sudah melakukan latihan berulang-ulang kali, tapi tidak ada hasil yang diinginkan dari lengan anda. Ketika anda mencoba melakukan pose biceps yang terkenal, eh tidak ada gundukan otot yang muncul, malah mungkin tampak seperti sebatang tongkat kurus atau malah gelambir dibawah lengan anda. Apa yang salah? Ini tips untuk anda membentuk otot lengan.
Ketahui Anatomi Anda!
Lengan anda bukan hanya terdiri dari satu jenis otot saja, biceps, tetapi ada otot lain yang juga membentuk lengan anda, yaitu triceps! Jika anda berharap mempunyai lengan yang berotot dan terlihat kekar saat mengenakan kaos tanpa lengan, anda perlu tahu dan mengerti bahwa otot triceps menguasai 2/3 dari lengan anda. Karena itu mulai berfokus pada kedua jenis otot anda.


Latih dengan Keras tapi Singkat
Untuk memiliki otot yang besar, anda perlu melakukan latihan yang keras. Setiap waktu melakukan latihan, gunakan beban yang lebih berat atau menambah jumlah repetisinya. Cara pertama, menggunakan beban lebih berat, digunakan untuk otot yang memiliki serat jenis fast-twitch. Sementara cara kedua, meningkatkan jumlah repetisi, digunakan untuk otot yang memiliki serat jenis slow-twitch.
Otot biceps dan triceps adalah jenis fast-twitch sehingga akan memperoleh keuntungan besar jika anda menerapkan penambahan beban setiap latihan. Gunakan beban dimana anda hanya bisa melakukan latihan hingga 6-8 repetisi saja. Jenis otot ini akan mudah lelah, karena itu lakukan latihan dengan singkat tapi keras. Setelah itu beristirahatlah. Dalam beberapa minggu, gunakan beban ringan sesekali agar otot anda tidak dapat menebak/terbiasa dengan beban yang harus diangkatnya (dan tentunya akan memacu otot anda untuk mulai tumbuh).

Campur Semua seperti Gado-Gado
Well, jika anda setiap hari melakukan latihan yang sama, itu dan itu dan itu lagi, otot anda akan bosan dan terbiasa. Anda akan melihat bahwa pertumbuhan otot sangat-sangat kecil atau bahkan tidak ada setelah beberapa lama.
Otot anda sama seperti anda yang bisa bosan dan beradaptasi, menambahkan variasi pada tantangan otot anda sangatlah penting. Variasi tersebut dapat berupa jenis latihan, berat beban yang digunakan, repetisinya atau juga alat yang digunakan.
Coba anda bayangkan jika anda berlatih hanya dengan barbell, lalu digantikan dengan dumbbell atau mesin kabel. Sekilas gerakan yang dilakukan sama, tetapi titik berat alat tersebut, sudut beban ataupun detil otot yang bekerja sebenarnya berbeda.
Sesekali anda juga perlu mengganti beban anda separuh dari biasanya lalu lakukan repetisi hingga 40-60 kali hingga otot anda terasa sangat pegal.

Targetkan Bagian Otot Tertentu
Otot Triceps dan Biceps anda dapat dilatih dari berbagai sisi agar bagian otot anda secara keseluruhan terlatih. Ketika anda melakukan satu jenis latihan, coba rasakan bagian otot triceps atau biceps mana yang paling berat.
Gunakan Teknik Peningkat Intensitas
Seperti dijelaskan sebelumnya, otot biceps dan triceps adalah jenis otot yang perlu dilatih dengan keras dan beban berat walaupun repetisinya tidak terlalu banyak. Untuk menunjang latihan yang keras, anda perlu mengetahui teknik-teknik tertentu untuk meningkatkan intensitas. Sebagai contoh:
Forced Reps: Teknik ini memanfaatkan momen terakhir saat repetisi anda sudah tidak sanggup anda lakukan lagi dengan dibantu oleh seorang trainer atau teman anda. Trainer atau teman anda harus dalam posisi siap untuk menahan beban tersebut jika anda sudah tidak kuat lagi.
Drop Set: Teknik ini sederhana, lakukan setiap setnya hingga anda tidak kuat melakukan repetisi lagi. Setelah itu segera kurangi beban sedikit lalu lakukan lagi satu set hingga tidak kuat melakukan repetisi lagi. Begitu seterusnya.
Partial Reps: Teknik ini adalah ketika anda sudah tidak mampu melakukan repetisi lagi, jangan berhenti, tapi lanjutkan dengan repetisi walaupun hanya separuh dari gerakan yang seharusnya. Anda perlu teman atau trainer untuk membantu mengawasi.

Beristirahatlah Sebanyak Mungkin
Anda sudah kami anjurkan untuk berlatih keras, dan tentunya agar otot anda mulai tumbuh, perlu istirahat juga. Jangan terus memaksakan otot lengan anda dilatih setiap hari karena akan membuat otot anda kelelahan dan tidak punya waktu untuk pemulihan dan tumbuh.

Makan Banyak
Dasar dari pertumbuhan sangat sederhana, semakin banyak kalori yang anda konsumsi maka semakin besar kemungkinan pertumbuhan otot anda. Jika anda hanya makan biasa-biasa saja, lalu dari mana otot anda dapat tumbuh. Tetapi tentu saja yang perlu diperhatikan bukan hanya sekedar makan banyak.
Makan nasi segunung tidak dapat membuat anda menjadi lebih besar (dalam hal otot). Perlu nutrisi-nutrisi penting mulai dari makro nutrisi seperti protein dan mikro nutrisi seperti zinc dan mineral lainnya. Variasikan jenis makanan anda dan perbanyak protein anda.

Gunakan Suplemen
Makan banyak tentu sangat berguna, tetapi tidak semua nutrisi dapat terpenuhi sekaligus dalam makanan anda sehari-hari. Karena itu suplemen akan sangat berguna untuk anda menaikkan berat badan anda. Ada beberapa jenis suplemen yang dapat membantu anda.
Gainer merupakan jenis suplemen yang tinggi karbohidrat dan protein, dimana suplemen ini dapat memberikan energi tinggi dan mencegah protein terkonsumsi oleh tubuh sebagai sumber tenaga saja.
Kreatin merupakan suplemen dari satu jenis amino khusus yang dapat meningkatkan tenaga sekaligus membantu memacu pertumbuhan otot.
Anda juga dapat mempertimbangkan penggunaan NO dimana suplemen ini membantu memperlancar penyaluran nutrisi ke seluruh tubuh anda sehingga pertumbuhan otot dan stamina latihan lebih maksimal.
Lemak!
Satu penyebab dari lengan anda yang tampak biasa-biasa saja adalah timbunan lemak. Garis otot yang seharusnya terlihat akan tertutup dengan lemak sehingga otot biceps maupun triceps tidak dapat terlihat jelas dan lengan anda terlihat hanya sekedar besar saja.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Anggi Rocker

31 komentar:

  1. makasih sob infonya.... :) ane coba di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sob, sering2 berkunjung untuk mengetahui info terkini

      Delete
  2. Seep...berguna banget infonya

    ReplyDelete
  3. Saya baru baru ini ikut latihan gym hampir sebulan lebih tapi ada masalah dada saya jadi besar sebelah yaitu besar di sebelah kiri.
    Bagaimana saya mengembalikan supaya dada saya bisa seimbang.
    Mohon penjelasanya

    ReplyDelete
  4. Saya baru baru ini ikut latihan gym hampir sebulan lebih tapi ada masalah dada saya jadi besar sebelah yaitu besar di sebelah kiri.
    Bagaimana saya mengembalikan supaya dada saya bisa seimbang.
    Mohon penjelasanya

    ReplyDelete
  5. Saya baru baru ini ikut latihan gym hampir sebulan lebih tapi ada masalah dada saya jadi besar sebelah yaitu besar di sebelah kiri.
    Bagaimana saya mengembalikan supaya dada saya bisa seimbang.
    Mohon penjelasanya

    ReplyDelete
  6. Saya baru baru ini ikut latihan gym hampir sebulan lebih tapi ada masalah dada saya jadi besar sebelah yaitu besar di sebelah kiri.
    Bagaimana saya mengembalikan supaya dada saya bisa seimbang.
    Mohon penjelasanya

    ReplyDelete
  7. Aku Udah Nyoba,, Sampai Lama Tapi Koq Segitu2 Juga ya???
    Tolong Respon Nya Donk.

    ReplyDelete
  8. Matap gan ,,
    visit ehackerinside.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. Kira-kira butuh waktu berapa lama untuk mendapatkan hasil yg optimal

    ReplyDelete
  10. suplemen apa yang anda sarankan yah? untuk artikelnya sangat membantu saya, terima kasih

    ReplyDelete
  11. terimakasih sob,
    tapi saya suka melakukan push-up setelah dan sebelum tidur minimal 20 kali
    dalam hasil 2 minggu otot lengan sudah berubah, besar dan kuat.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ^_^ ! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.
[-] jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
[-] jangan komentar yang berisi link hidup,
[-] jangan berkomentar yang tidak relevan dan berkualitas rendah ,karena akan saya abaikan dan tidak akan saya Approve. Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.
SERING-SERING BERKUNJUNG SOBAT

 
Support : Google Impact | Google.com
Copyright © 2013. 1# | Knowledge and inspiration - All Rights Reserved
Template Modify by Anggirocker
Proudly powered by Blogger