Home » » BSE Kelas 11 SMA Sejarah Imtam

BSE Kelas 11 SMA Sejarah Imtam


Sejarah sebagai Cermin Kehidupan Bangsa Kehidupan manusia senantiasa berkait dengan tiga dimensi waktu: masa lalu, masa kini, dan masa depan. Ketiga dimensi waktu itu mempunyai makna tersendiri bagi manusia. Dari masa lalu ia dapatkan pengetahuan dan pengalaman, yang bisa ia jadikan bekal untuk menempuh perjuangan di masa kini dan masa depan. Meskipun begitu, tidak setiap manusia bisa belajar dari sejarah kehidupannya. Demikian pula dengan kehidupan sebuah bangsa. Bangsa Indonesia memiliki sejarah panjang yang penuh dengan dinamika, yang sepatutnya dijadikan cermin, agar cita-cita proklamasi kemerdekaan bisa kita realisasikan.
Sejarah adalah cabang ilmu pengetahuan yang menelaah tentang asal usul dan perkembangan serta peranan masyarakat di masa lampau. Melalui serangkaian metode dan metodologi sejarah, kita bisa menemukan nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak dan kepribadian.
Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap generasi penerus bangsa untuk memahami masa lalu bangsanya.

Buku yang sekarang berada di dalam genggaman tanganmu ini bisa dijadikan sarana untuk membuka lembaran sejarah, baik untuk kehidupan pribadi maupun untuk kehidupan bangsa. Melalui buku ini, kamu tidak diajak untuk menghafal tanggal, bulan dan tahun kejadian sebuah peristiwa bersejarah, tetapi dibimbing untuk menemukan makna setiap peristiwa sejarah. Dengan mempelajari peristiwa yang telah kita lalui, kita berharap bisa segera menemukan sikap dan langkah yang tepat untuk menapaki hidup di masa kini dan masa depan. Hanya dengan belajar sejarah kita akan semakin arif dan bijak karena tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa lalu.
Salah satu fungsi pembelajaran sejarah di SMA/MA adalah membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat serta membentuk manusia Indonesia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Cita-cita ini tidak akan pernah bisa kita raih selama pembelajaran sejarah yang kita lalui hanya dengan menghafal peristiwa-peristiwa sejarah saja. Justru yang lebih penting adalah bagaimana menemukan hikmah di balik peristiwa itu. Setiap peristiwa pasti ada latar belakang dan proses sejarahnya. Inilah tantangan yang harus bisa kamu temukan. Apabila kompetensi ini telah bisa kamu capai maka kamu tidak akan ragu dan bimbang di dalam menghadapi kesulitan hidup di masa depan.
Untuk itulah buku sejarah ini disajikan secara kontekstual, tidak menggurui, dekat dengan kehidupan kita, dan dilengkapi dengan beragam kegiatan yang membumi. Artinya, bisa digunakan untuk melatih kecerdasan intelektual dan sosial, membentuk sikap, watak dan kepribadianmu. Semakin sering kamu berkontemplasi dan menemukan hikmah di balik sebuah peristiwa sejarah, semakin cerdas dan berkarakterlah diri pribadimu. Sebuah langkah yang tepat apabila kamu menggunakan buku ini. Selamat belajar!

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Anggi Rocker

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ^_^ ! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.
[-] jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
[-] jangan komentar yang berisi link hidup,
[-] jangan berkomentar yang tidak relevan dan berkualitas rendah ,karena akan saya abaikan dan tidak akan saya Approve. Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.
SERING-SERING BERKUNJUNG SOBAT

 
Support : Google Impact | Google.com
Copyright © 2013. 1# | Knowledge and inspiration - All Rights Reserved
Template Modify by Anggirocker
Proudly powered by Blogger