Pembelajaran biologi menggarisbawahi adanya kegiatan pengamatan,
pengalaman, dan pemahaman secara langsung sehingga siswa harus diberi
motivasi dan rangsangan untuk mengembangkan berbagai keterampilan
proses yang mampu membawanya ke arah upaya eksplorasi dan
pemahaman terhadap kehidupan alam sekitar. Keterampilan proses ini
meliputi keterampilan mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan
alat dan bahan secara baik dan benar dengan selalu mempertimbangkan
keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan
dan menafsirkan data, serta mengomunikasikan hasil temuan secara
lisan atau tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yang relevan
untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari.
Mata pelajaran biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir
analitis, induktif,
dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar. Secara umum mata pelajaran Biologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar. Secara umum mata pelajaran Biologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
- bersikap positif terhadap biologi dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa,
- memupuk sikap ilmiah, yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis, dan dapat bekerja sama dengan orang lain,
- mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, serta mengomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tulisan,
- mengembangkan kemampuan berpikir analitis, induktif, dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi,
- mengembangkan penguasaan konsep dan prinsip biologi dan saling keterkaitan dengan IPA lainnya serta mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap percaya diri,
- menerapkan konsep dan prinsip biologi untuk menghasilkan karya teknologi sederhana yang berkaitan dengan kebutuhan manusia, dan
- meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan.
- hakikat biologi, keanekaragaman hayati dan pengelompokan makhluk hidup, hubungan antarkomponen ekosistem, perubahan materi dan energi, serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem; v
- organisasi seluler, struktur jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan, hewan, dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat;
- proses yang terjadi pada tumbuhan, proses metabolisme, hereditas, evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
Buku ini disusun dengan menitikberatkan pemahaman-pemahaman
dasar yang diikuti oleh berbagai panduan kegiatan agar siswa termotivasi
untuk melakukan eksplorasi yang berangkat dari rasa keingintahuan
terhadap ”misteri” kehidupan di alam sekitar yang selanjutnya berujung
pada kemampuan untuk mengatasi berbagai persoalan dalam
kehidupannya.
Kami berharap buku ini dapat mencapai sasarannya dalam membantu
pengembangan sikap dan pemahaman siswa.
0 komentar:
Posting Komentar
Terima kasih telah berkunjung ^_^ ! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.
[-] jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
[-] jangan komentar yang berisi link hidup,
[-] jangan berkomentar yang tidak relevan dan berkualitas rendah ,karena akan saya abaikan dan tidak akan saya Approve. Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.
SERING-SERING BERKUNJUNG SOBAT