Home » » BSE Kelas 10 SMA Bindo E Kusnadi

BSE Kelas 10 SMA Bindo E Kusnadi


Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. 
Buku Belajar Efektif Bahasa Indonesia ini bertujuan untuk membantu dan mengarahkan kemampuan kamu agar terampil berbahasa Indonesia. Kemampuan berbahasa yang harus kamu kuasai meliputi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat keterampilan tersebut untuk menunjang komunikasi dalam kehidupan seharihari, baik di masyarakat maupun di dunia kerja. 
Untuk mencapai tujuan tersebut, pelajari serta pahami setiap pembelajaran yang disajikan dalam buku ini. Selanjutnya praktikkan setiap keterampilan berbahasa yang disajikan, baik menyimak, membaca, berbicara, maupun menulis.
Kamu tidak perlu ragu untuk tampil mempraktikkan keterampilan berbahasamu. Jika kamu mendapat kesulitan dalam melaksanakan kegiatan atau tugas, konsultasikan pada gurumu atau berdiskusilah bersama temanmu.
Wacana, karya sastra, serta bahan latihan yang terdapat dalam buku ini hanya sebagai model dan penuntun. Kamu dapat memperkaya serta mengaplikasikannya dalam kehidupanmu sehari-hari melalui bahan-bahan yang lebih aktual. Selain itu, sarana dan prasarana seperti perpustakaan, audio visual perlu kamu manfaatkan semaksimal mungkin agar proses belajar kamu lebih baik, sehingga kamu terampil berbahasa Indonesia yang baik dan benar. 
Untuk menguji kemampuanmu, kerjakan pelatihan dalam setiap subpokok bahasan, kemudian konsultasikan hasil kerjamu pada guru. Selain itu, simulasikan kemampuanmu dalam bentuk praktik, baik secara perorangan maupun kelompok. Jangan lupa aplikasikan juga kemampuanmu dalam kehidupanmu sehari-hari, seperti menyerap berbagai informasi dari media cetak atau elektronik, berkomunikasi secara lisan atau tulisan, menulis berbagai bentuk tulisan, mengapresiasi karya sastra melalui membaca karya sastra, menyaksikan penampilan atau tampil dalam berbagai bentuk kegiatan apresiasi sastra (seperti pentas drama, membaca puisi), atau menulis karya sastra, seperti puisi, cerpen, atau novel. 
Dengan mempraktikkan keterampilan berbahasa dalam kehidupan sehari-hari, tentu membantumu dalam menguasai dan meningkatkan kemampuan berbahasamu. Dengan demikian diharapkan kamu dapat mengemukakan gagasan dan perasaan dengan bahasa yang efektif, berpartisipasi dalam masyarakat dengan menggunakan bahasa tersebut, dan menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirimu dalam berbagai keperluan.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Anggi Rocker

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ^_^ ! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.
[-] jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
[-] jangan komentar yang berisi link hidup,
[-] jangan berkomentar yang tidak relevan dan berkualitas rendah ,karena akan saya abaikan dan tidak akan saya Approve. Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.
SERING-SERING BERKUNJUNG SOBAT

 
Support : Google Impact | Google.com
Copyright © 2013. 1# | Knowledge and inspiration - All Rights Reserved
Template Modify by Anggirocker
Proudly powered by Blogger