Cara merawat motor
memang mutlak dibutuhkan agar motor selalu tampil prima di setiap
kondisi dan keadaan. Apalagi jika motor merupakan kendaraan yang Anda
gunakan dalam aktivitas sehari-hari. Tentu saja motor yang prima akan
membantu dan menunjang segala pekerjaan yang Anda lakukan.
untuk
saat ini motor matik lagi naik daun. Terbukti dengan banyak produsen
sepeda motor berlomba-lomba meluncurkan produknya ke pasaran. Dengan
model yang stylish dan fitur-fitur yang terbilang inovatif. Kini
takhanya kamu perempuan saja yang menunggangi motor matik, laki-laki pun
taksedikit menjadikan motor matik sebagai tunggangan untuk keperluan
berkendaraannya.
Cara Merawat Motor
Seiring
berjalannya waktu, kini populasi pengguna motor matik semakin
mendominasi menyaingi motor bebek nirmatik. Untuk menjaga penampilan
tentunya motor matik perlu perawatan. Berikut ini beberapa cara merawat motor matic agar selalu tampil prima.
- Sebelum bepergian, disarankan untuk memanaskan motor matik selama 1 hingga 5 menit.
- Saat mengendarainya, pengendara jangan terlampu sering mengubah kecepatan laju motor matik, asalnya cepat tiba-tiba mengerem atau sebaliknya. Sebab cara ekstrim seperti ini bisa mempercepat usia mesin.
- Perhatikanlah kondisi tanki bensin, jangan seringkali membiarkan kondisi isi bensin dengan keadaan empty alias kosong. Isilah benssin secara berkala dan takperlu menunggu bensin hingga jarum menunjuk arah huruf E atau Empty.
- Gantilah oli transmisi sepeda motor dan mesin secara berkala. Untuk oli transmisi, maksimal setiap 5 ribu km. Sedangkan untuk oli mesin, gantilah setiap seribu km.
- Cek kondisi busi dan aki dengan teratur. Sebab, dengan adanya kedua perangkat tersebut motor matik mampu bertenaga dan melaju dengan kencang. Bila diketahui sudah shock, gantilah dengan yang baru dan orisinal di bengkel resmi atau langganan pembaca.
- Hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah memeriksa secara rutin kondisi vent belt dan roller. Bila sudah taklayak gantilah dengan yang baru dan orisinal.
- Perhatikan dengan seksama ruang transmisi, karena di ruangan transmisi terdapat sejumlah komponen yang rentan terhadap kotoran. Maka lakukanlah pembersihan secara berkala setiap 4 ribu km sekali.
- Mengingat sepeda motor matik -pada umumnya- menggunakan single shockbreaker- gantilah oli shockbreaker maksimal setiap 10 ribu km.
Motor
matic merupakan solusi untuk mengatasi kemacetan karena desain motor
yang mungil sehingga dapat menerobos kesana kemari. Apakah Anda berminat
dengan motor matic? Semoga cara merawat motor matic diatas bermanfaat.
vina candarawati keren
BalasHapustips yang bagus dan patut dicoba satu lagi tips yang kagak boleh di lupa sebelum berpergian wajid musti doa
BalasHapussipp mksi sob
Hapusnice artikel broo di tunggu ya coment baliknya
BalasHapussipppp gan ke TKP
Hapusterimakasih atas tips nya , pasti akan saya langsung terapkan
BalasHapussippp sama2 gan.. senang bisa membntu
HapusMakasih gan udah share nih ... semoga makin awet dah ni mesin ;)
BalasHapusskalian gan dipakein mantel motor biar catnya lebih awet .. hehe *ijinPromosi
sipp sama2 gan sring2 berkunjung
BalasHapusmas bro, kenapa oli mesin harus diganti tiap 1000 km bukankah idealnya mengganti oli mesin itu tiap 2000km?
BalasHapussalam kenal, ditunggu kunjungannya
Wah enak gan info anda.Saya jadi tambah semangat untuk merawat matic saya.Thanks ya gan ? Barangkali butuh dana untuk beli motor baru silakan buka blog saya.http://pinjamanjamnanbpkbmudahcairnya.blogspot.com
BalasHapusItu cocok buat semua pen- jual mesin gan :D
BalasHapus