Home » , , » Langkah ( TUTORIAL ) membuat Topeng Dari Kertas

Langkah ( TUTORIAL ) membuat Topeng Dari Kertas


Topeng merupakan reflika wajah yang digunakan pada wajah untuk memerankan suatu karakter. Topeng biasanya digunakan untuk pertunjukan tari topeng dalam membawakan peran-peran tertentu. Topeng juga sering digunakan oleh anak-anak untuk bermain dengan sesamanya, seperti melucu dan menakut-nakuti temannya. Berbagai karakter topeng sering kita jumpai, ada wajah menakutkan, wajah lucu, wajah tua, wajah sedih dan ada juga wajah/muka binatang.
Bentuk topeng dapat dibuat dengan berbagai media/bahan, di ataranya dari kayu, plastik, karet, fiberglass, kertas, dan lain-lain. Berikut ini mari pelajari membuat topeng dengan memanfaatkan limbah kertas. Untuk membuat topeng dengan bahan kertas terlebih dulu harus dibuatkan acuan/cetakan dari tanah liat. Cetakan tidak usah dibuat terlalu halus, buatlah wajah-wajah yang unik dan lucu.
Bahan yang diperlukan dalam membuat topeng kertas, antara lain : satu kilo gram kertas, lem kertas dari tepung kanji, air dan cat warna. Alat-alat yang diperlukan dalam dalam membuat topeng kertas, yaitu cetakan dari tanah liat, gunting, kuas, dan ember.
Cara membuat topeng kertas :
  • Ambil cetakan yang telah disiapkan dan mulailah membuat topeng. Untuk lapisan kertas pertama, ambilah kertas selebar wajah topeng yang hendak dibuat dan celupkan ke dalam air, kemudian ditempel pada permukaan cetakan perlahan-lahan mengikuti lekukkan bentuk cetakan. Lapisan kertas kedua dan seterusnya, menggunakan potongan kertas kecil-kecil dan diberi lem agar melekat dengan kuat. Selama penempelan kertas, perhatikan dan ikuti lekukan-lakukan bentuk wajah topeng pada cetakan agar bentuk topeng nampak jelas.
  • Setelah selesai tahap penempelan kertas, jemurlah dan anginkan agar bentuk topeng menjadi kering. Bila sudah kering lepaskan topeng lapisan kertas dari cetakannya dan rapikan pinggirnya dengan gunting.
  • Tahap finising, mengecat muka topeng sesuai dengan warna karakter yang diinginkan, misalnya alis diberi warna hitam, bibir warna orange, kulit wajah dengan warna putih, dan sebagainya. Jenis warna yang digunakan, boleh dengan cat minyak atau dengan cat air (acrelyc). Setelah selesai diberi warna dan bila warnya sudah kering, beri lubang pada bagian mata dan hidung untuk melihat dan bernafas bagi pemakainya. Di pinggir samping kiri kanan dekat mata diberi tali karet sebagai pengikat saat dipakai. tpg-kertas.jpg
Selain cara di atas, membuat topeng dari limbah kertas dapat juga dilakukangan dengan cara : mengolah kertas menjadi bubur kertas yang kemudian dicampur dengan lem yang terbuat dari tepung kanji. Bubur kertas diterapkan pada permukan cetakan/acuan secara merata mengikuti bentuk lekukan cetakan. Keringkan untuk beberapa waktu untuk memudahkan melepas lapisan bubur ketas dari acuan dan selanjutnya diwarna sesuai dengan keinginan.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Anggi Rocker

25 komentar:

  1. Replies
    1. silahkan anda yg buat yg lbih bagus hehehe

      Delete
  2. mantap.. mau bikin topeng muka ganteng gua :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. kwkwkwkw buat sndri aja dach sob hahaha

      Delete
  3. bagaimana jika lem fox-nya diganti dengan lem rajawali? bisakah?
    trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan, Pake lem dlukol juga bisa, yg penting perekat

      Delete

Terima kasih telah berkunjung ^_^ ! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.
[-] jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
[-] jangan komentar yang berisi link hidup,
[-] jangan berkomentar yang tidak relevan dan berkualitas rendah ,karena akan saya abaikan dan tidak akan saya Approve. Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.
SERING-SERING BERKUNJUNG SOBAT

 
Support : Google Impact | Google.com
Copyright © 2013. 1# | Knowledge and inspiration - All Rights Reserved
Template Modify by Anggirocker
Proudly powered by Blogger