Featured

Home » » Prosedur Pembuatan SKCK 2012

Prosedur Pembuatan SKCK 2012

Agar valid di negara lain, tentu SKCK yang dimiliki harus yang berbahasa Inggris. Ini bisa didapat di Polri (pusat) atau Polda (provinsi) atau bahkan mungkin Polres (kota/kabupaten), tanyakan petugas di tempat yang bersangkutan. Agar bisa diterima di Kedutaan negara asing, legalisasi dari Depkumham (Departemen Hukum dan HAM) dan Deplu (Departemen Luar Negeri) juga dibutuhkan.
Secara umum, prosedur pengurusan SKCK cukup berbelit2 (contoh nyata birokrasi Indonesia), sediakan waktu yang cukup. Masa berlaku SKCK sekitar 6 bulan. Biaya lagi-lagi bervariasi, dari gratis hingga “sukarela”. Berikut contoh umum dan secara garis besar (mungkin tidak berlaku di semua kasus) pengurusan SKCK:
  • Syarat-syarat bisa bervariasi, sediakan semua dokumen asli dan sejumlah (banyak) fotokopi identitas: KTP/SIM, paspor, KK, akte kelahiran. Sediakan juga banyak foto 4×6 berwarna (baju resmi/berkerah), materai Rp 6000 (masing-masing untuk legalisasi Depkumham dan Deplu).
  • Urus surat pengantar berturut-turut dari RT, RW, kelurahan, kecamatan
  • Buat SKCK dan surat rekomendasi berturut-turut dari Polsek, Polres, Polda. Sidik jari mungkin diminta. Tanyakan juga apakah bisa lompat misal dari Polres langsung ke Polri. Minta juga versi bahasa Inggris jika bisa (Polda). Di kantor polisi, sangat mungkin untuk diminta membeli formulir yang harus diisi.
  • Buat SKCK di Mabes Polri (Jl. Trunojoyo No.3 Jakarta Selatan), pastikan dapat versi berbahasa Inggris.
  • Legalisasi di Depkumham (Jl. Rasuna said, Jakarta, dekat Pasar Festival), Rp 25 ribu/dokumen, selesai 2 hari kerja
  • Lanjutkan legalisasi di Deplu (Jl. Pejambon, Jakarta, dekat Stasiun Gambir), Rp 10 ribu/dokumen, selesai 2-3 hari kerja.
  • Berdasarkan pengalaman, SKCK hanya bisa digunakan untuk satu tujuan misal: syarat CPNS, penerimaan kerja, pembuatan visa, belajar di luar negeri. Jadi jika sudah punya untuk syarat penerimaan kerja misalnya, harus buat lagi (perpanjang) untuk pembuatan visa/belajar di luar negeri.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Anggi Rocker

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ^_^ ! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.
[-] jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
[-] jangan komentar yang berisi link hidup,
[-] jangan berkomentar yang tidak relevan dan berkualitas rendah ,karena akan saya abaikan dan tidak akan saya Approve. Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.
SERING-SERING BERKUNJUNG SOBAT

 
Support : Google Impact | Google.com
Copyright © 2013. 1# | Knowledge and inspiration - All Rights Reserved
Template Modify by Anggirocker
Proudly powered by Blogger