MODUL BAHASA INDONESIA
KELAS : XI IPA/IPS
SEMESTER : 3
ASPEK PEMBELAJARAN :
MENDENGARKAN
MATERI :
KHOTBAH/PIDATO
WAKTU : 4 X 45 MENIT
STANDAR
KOMPETENSI
|
Memahami berbagai
informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah
yang didengar
|
ASPEK
PEMBELAJARAN
|
Mendengarkan
|
INDIKATOR
|
· Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang
didengarkan
· Menuliskan pokok-pokok isi sambutan
tersebut ke dalam beberapa kalimat
· Menyampaikan (secara lisan) ringkasan
sambutan atau khotbah
|
MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
|
Sambutan atau khotbah
·
pokok-pokok isi sambutan
·
ringkasan sambutan/ khotbah
|
Mendengarkan Isi
Sambutan/Khotbah
Dalam
pelajaran ini, Anda diharapkan dapat mencatat pokokpokok isi sambutan atau
khotbah yang didengar. Selain itu, Anda diharapkan dapat menuliskan pokok-pokok
isi sambutan atau khotbah ke dalam beberapa kalimat. Selanjutnya, Anda
diharapkan dapat menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah.
CONTOH
SAMBUTAN
Hadirin
yang saya hormati,
Pertama-tama, kita patut bersyukur ke hadirat Tuhan Yang Maha
Esa. Dengan izin-Nya-lah kita bisa hadir dalam rangka pembukaan pelaksanaan
"Program Forum Warga" di daerah kita tercinta ini.Saya pun
mengucapkan terima kasih yang sebesarbesarnya kepada berbagai pihak yang telah
hadir dalam kegiatan kita kali ini. Kami selaku panitia mengucapkan selamat
datang kepada Ibu Bupati, para
camat, serta para
lurah yang telah menyempatkan hadir dalam kesempatan kita ini.
Seperti Ibu dan Bapak ketahui, pengembangan dan pemberdayaan
masyarakat ke arah yang lebih baik menuntut dibukanya kebebasan warga. Biarkan
mereka berpikir dan berpendapat bebas terhadap semua masalah yang terjadi di
sekeliling mereka.Termasuk dalam menentukan cara menyelesaikan persoalan.
Hadirin yang saya
hormati.
Contoh yang lebih
konkret misalnya di wilayah kelurahan atau desa kita. Di lingkup itu, semua
warga masyarakat harus tahu apakah kelompok miskin,pengangguran, putus sekolah
di sekitar mereka semakin
bertambah setiap
tahun, tetap, atau berkurang. Bukan itu saja, mereka juga berhak tahu tentang
kebersihan,keamanan, dan kenyamanan hidup bertetangga. Pokoknya,semua hal yang
terkait dengan hidup bermasyarakat harus diketahui, disadari dan ditangani secara
bersama-sama.Pilihan yang paling tepat untuk bisa "hidup bersama-sama
seperti itu adalah" tentu saja bertemunya seluruh warga atau unsur-unsur
warga di satu lingkungan untuk berdialog atau berbicara secara
terbuka,transparan, dan demokratis.
Dalam pertemuan ini warga akan tahu kenapa dan bagaimana rencana
kerja pemerintah, berapa dana yang dimiliki, dari mana sumber dana tersebut
guna meningkatkan kesejahteraan warganya. Pemerintah melalui kelurahan juga
dapat memahami mengapa dana untuk masyarakat "macet". Mengapa jumlah
fakir miskin, pengangguran, dan/atau putus sekolah bertambah. Apakah para
pengusaha, kelompok-kelompok warga seperti majelis taklim, dewan kesejahteraan
masjid, gereja, dan organisasi keagamaan lain masih dapat berpartisipasi mengatasi
masalah sosial di masyarakat. Dan, mengapa ada masyarakat yang masih enggan
terlibat dalam mendukung program pemerintah.
Pertemuan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman
antarkelompok agama, antaretnis,juga antargenerasi. Bahkan diharapkan mampu
menjalin kerja sama demi kesejahteraan bersama.Pertemuan antarwarga atau
antarunsur-unsur kelompok warga yang berjalan secara rutin selama ini, tiada
lain bertujuan membicarakan masalah dan penyebabnya, merencanakan kegiatan
pemecahan,hingga mengevaluasi hasil kegiatan inilah yang sering dinamakan
"Forum Warga". Meskipun istilah "Forum Warga" terkesan
baru, kegiatan seperti ini sebenarnya sudah menjadi tradisi masyarakat
nusantara sejak dulu.Kegiatan tersebut di pedesaan hampir sama dengan apa yang
disebut "Rembuk Desa".
Hadirin yang saya
hormati.
Forum Warga bukan
suatu organisasi dengan struktur yang formal. Ia hanyalah istilah untuk
menamakan suatu kegiatan pertemuan rutin warga guna mengatasi persoalan dan
meningkatkan kerja sama antarwarga masyarakat termasuk peningkatan manfaat
pembangunan yang ada. Fungsi lain yang juga penting, dalam pemerintahan desa
dan kelurahan yang semakin demokratis, Forum Warga juga dapat menjadi tempat
penyampaian tanggung jawab pembangunan pemerintah melalui kelurahan atau desa
kepada warga masyarakatnya.
Demikianlah sambutan yang dapat saya sampaikan.Kami mohon maaf
jika ada kekurangan selama acara kegiatan pembukaan ini. Semoga Tuhan Yang
Mahakuasa memberkahi niat baik kita. Selain itu, semoga kegiatan "Program
Forum Warga" ini ke depannya dapat terlaksana dengan baik. Amin.Terima
kasih atas perhatian hadirin.
Dari sambutan yang disampaikan tersebut, ada beberapa hal yang
dikemukakan sebagai berikut.
1.Semua warga masyarakat harus tahu apakah kelompok miskin,
pengangguran, dan/atau
putus sekolah di
sekitar mereka semakin bertambah setiap tahun, tetap, atau berkurang.
2. Pilihan yang paling tepat untuk bisa hidup bersama-sama
seperti itu adalah tentu saja adalah
bertemunya seluruh
warga atau unsur-unsur warga di satu lingkungan untuk berdialog atau
berbicara secara
terbuka, transparan, dan demokratis.
3. Pertemuan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman
antarkelompok agama,
antaretnis, juga
antargenerasi.
4. Forum Warga merupakan suatu kegiatan pertemuan rutin warga
guna mengatasi persoalan
dan meningkatkan kerja
Uji
Materi
1. Buatlah sambutan singkat dengan pilihan situasi sebagai
berikut.
a. Kegiatan peresmian ruangan sekretariat OSIS yang baru.Dalam
hal ini, Anda bertindak
sebagai ketua OSIS.
b. Acara ulang tahun teman Anda.
c. Kegiatan pekan olahraga dan kesenian di sekolah Anda.
2. Lakukanlah tukar silang hasil pekerjaan dengan teman Anda.
3. Bacakanlah isi sambutan tersebut secara bergiliran.
4. Selama teman Anda membacakan sambutannya, catatlah
pokok-pokok
pikiran yang ada dalam
sambutan tersebut.
5. Sampaikan kembali isi pokok-pokok pikiran dari sambutan
tersebut dengan bahasa Anda sendiri
MODUL BAHASA INDONESIA
KELAS :
XI IPA/IPS
SEMESTER :
3
MATERI :
POLA PENGEMBANGAN DEDUKTIF DAN INDUKTIF
ASPEK PEMBELAJARAN :
MENULIS
WAKTU :
4 X 45 MENIT
STANDAR
KOMPETENSI
|
Memahami ragam wacana tulis dengan
membaca intensif dan membaca nyaring
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif
melalui kegiatan membaca intensif
|
ASPEK
PEMBELAJARAN
|
membaca
|
INDIKATOR
|
Mengidentifikasi ciri paragraf induktif
dan deduktif
Menemukan perbedaan paragraf induktif
dan deduktif
menemukanan kalimat penjelas yang
mendukung gagasan utama
Menyusun kerangka paragraph deduktif dan induktif
Menemukan kalimat yang mengandung
gagasan utama pada paragraf
|
MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
|
Paragraf yang
berpola deduktif dan induktif
-
ciri paragraf deduktif/ induktif
-
perbedaan deduktif dengan induktif
-
Menyusun kerangka paragraph deduktif dan
induktif
-
Menyusun kerangka menjadi paragraph
deduktif dan induktif
|
1 . Mengenal
Ciri-ciri Paragraf Deduktif dan Induktif
Bagian
dari suatu karangan/tulisan disebut dengan paragraf. Sebuah paragraf ditandai
adanya suatu gagasan yang lebih luas daripada kalimat. Oleh karenanya, pada
umumnya paragraf terdiri atas sejumlah kalimat yang saling bertalian untuk
mengungkapkan sebuah gagasan tertentu.Berikut ini beberapa jenis paragraf
berdasarkan letak gagasan utamanya.
a. Paragraf
Deduktif
Paragraf jenis ini gagasan utamanya
terletak di awal paragraf. Gagasan utama atau pokok persoalan dalam paragraf
tersebut diletakkan pada kalimat pertama atau kalimat kedua. Selanjutnya,
diikuti oleh kalimat pendukung terhadap gagasan utama tersebut.Dalam paragraf
ini, ide-ide yang telah dirumuskan dalam kalimat diatur dengan ide yang
bersifat umum dan diletakkan pada kalimat pertama atau kedua dan diikuti ide
yang lebih khusus.
b. Paragraf
Induktif
Paragraf jenis ini meletakkan
gagasan utamanya di akhir paragraf.Penataan ini dengan cara menyusun ide-ide
khusus dan diikuti dengan ide yang bersifat umum dan biasanya berupa kalimat
simpulan beserta pernyataan pembenarannya.
2.
Menyusun Kerangka Paragraf Deduktif dan
Induktif
Berdasarkan
pengertian tentang kedua jenis paragraf di atas, dapat dibuatkerangkanya
sebagai berikut.
a. Kerangka Paragraf Deduktif
1) Gagasan utama:
Bidang
pertanian merupakan bidang pembangunan yang tidak terkena dampak krisis ekonomi.
2) Gagasan pendukung:
- sektor perkebunan meningkat 6,5
persen,
- sektor kehutanan meningkat 2,9
persen,
- sektor pertanian meningkat 6,6
persen.
b. Kerangka Paragraf Induktif
1) Ide khusus:
-
Shinchan bukan model yang baik buat anak-anak
- Protes bermunculan dalam kolom surat pembaca
di berbagai surat kabar.
- Kelakuan Shinchan sangat negatif.
2) Ide
umum:
Shinchan merupakan setan kecil penebar
virus.
Menyusun Kerangka Menjadi Paragraf Deduktif dan Induktif
Setelah menentukan kerangkanya,
langkah selanjutnya adalah menyusun kerangka tersebut menjadi sebuah paragraf,
baik yang bersifat deduktif maupun yang bersifat induktif. Berikut ini adalah
contoh pengembangannya.
a. Contoh pengembangan kerangka paragraf
deduktif
“Satu-satunya bidang pembangunan
yang tidak mengalami dampak adanya krisis ekonomi adalah pertanian. Hal ini
dapat dilihat adanya pertumbuhan yang mengesankan di bidang perkebunan sebanyak
6,5 persen, di bidang kehutanan sebanyak 2,9 persen, dan di bidang perikanan
sebanyak 6,6 persen. Kontribusi sektor pertanian terhadap produk domestik
meningkat dari 18,1 persen menjadi 18,4 persen. Padahal, selama kurun waktu 30
tahun terakhir, pangsa pasar sektor pertanian merosot dari tahun ke tahun.”
b. Contoh pengembangan kerangka paragraf induktif
“Tokoh kartun Shinchan dianggap
tidak dapat dijadikan model yang baik untuk anak-anak, baik itu di Indonesia
maupun di negerinya sendiri. Banyaknya protes yang ditujukan kepadanya melalui
surat pembaca di berbagai media cetak. Hal itu kebanyakan dilakukan oleh
ibu-ibu. Mereka menyatakan bahwa Shinchan mempunyai kelakuan negatif yang
ternyata banyak diikuti oleh anakanak.Tokoh Shinchan, di mata para ibu di
Indonesia merupakan setan kecil penebar virus.”
UJI MATERI
1. Tulislah sebuah karangan dengan tema
"Kehidupan masyarakat Kota". Kemudian, tentukan topiknya.
2. Kumpulkan data-data yang mendukung topik Anda.
3. Susunlah dahulu kerangka karangannya. Kemudian, kembangkanlah
kerangka karangan tersebut
dengan pola pengembangan
paragraf induktif atau deduktif.
4. Tukarkan karangan Anda dengan teman sebang untuk disunting.
5. Kumpulkan hasilnya untuk dibahas bersama-sama.
MODUL BAHASA INDONESIA
KELAS : XI IPA/IPS
SEMESTER : 3
MATERI : PROPOSAL
ASPEK PEMBELAJARAN :
MENULIS
WAKTU : 4 X 45 MENIT
STANDAR
KOMPETENSI
|
Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Menulis
proposal untuk berbagai keperluan
|
ASPEK
PEMBELAJARAN
|
Menulis
|
INDIKATOR
|
a. Mampu mengidentifikasi komponen
atau unsur-unsur proposal
b. Mampu memahami macam-macam keperluan penulisan proposal
c. Mampu menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat
tunggal
d. Mampu membahas proposal dalam kelompok kecil untuk
mendapatkan
masukan perbaikan
e. Mampu memperbaiki proposal berdasarkan masukan dari teman
|
MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
|
Contoh-contoh
proposal
Komponen atau
unsur-unsur proposal
Macam-macam
keperluan penulisan proposal
Cara menulis
proposal sesuai dengan keperluan dengan
menerapkan
kalimat tunggal
Cara membahas
proposal
Cara memperbaiki proposal
berdasarkan masukan dari teman
|
Unsur-unsur proposal
1. Nama kegiatan (Judul)
Nama
kegiatan/judul yang akan dilaksanakan terce rmin dalam judul proposal. Dan alasan perlunya
2. Latar belakang
Latar
belakang diadakan kegiatan tertentu.
3. Tujuan kegiatan
Penyusunan
proposal harus merumuskan tujuan
sedemikian rupa agar target yang akan dicapai
dan nilai tambah yang diperoleh dapat
dirasakan oleh pembaca proposal. Oleh karena itu, tujuan harus dijabarkan supaya tampak manfaatnya
4. Tema
Tema adalah hal yang mendasari kegiatan
tersebut.
5. Sasaran/peserta
Penyusun proposal harus menetapkan
secara tegas siapayang akan dilibatkan dalamkegiatan tersebut.
6. Tempat dan waktu kegiatan
Dalam proposal harus dituliskan secara
jelas kapan dan di mana kegiatan akan dilaksanakan.
7. Kepanitiaan
Penyelenggara atau susunan panitia
harus dicantumkan dalam proposal dan ditulis secara rinci.
8. Rencana anggaran kegiatan
Penulis
proposal harus menyusun anggaran biaya yang logis dan realistis, serta
memperhatikan
keseimbangan
antara pemasukan dan pengeluaran.
9. Penutup
Contoh proposal
Proposal Festival Band SMA
se-Lombok Timur 2011
I. Latar belakang
Musik itu indah dan menyenangkan. Banyak
orang menyukai musik karena menemukan kepuasan dan kedamaian di dalam musik.
Generasi muda khususnya para pelajar SMA adalah sebagian besar dari kelompok
masyarakat yang menyukai musik. Musik bagi mereka sudah menjadi identitas
khusus yang memiliki kebanggaan tersendiri.
Dalam rangka hari ulang tahun yang ke-9 OSIS
SMAN 2 Selong akan menyelenggarakan festival band tingkat SMA se-Lombok Timur. Kegiatan
ini diselenggarakan untuk menampung dan menyalurkan bakat serta kemampuan para
siswa dalam olah suara yang dipadukan dengan musik.
II. Tujuan kegiatan
- Menampung dan menyalurkan bakat seni, khususnya di bidang musik bagi siswa dan siswi SMA se-Lombok Timur.
- Meningkatkan kemampuan para peserta dalam mengapresiasikan musik.
- Membina kebersamaan para pelajar SMA se-Lombok Timur
III. Tema
“Melalui festival band kita tingkatkan
apresiasi musik di kalangan para pelajar SMA se-Lombok Timur“
IV. Peserta dan pendaftaran
Peserta adalah para pelajar SMA Negeri dan
Swasta se-Lombok Timur.
Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran
yang telah disiapkan dengan ketentuan sebagai berikut:
a. mengisi formulir pendaftaran seharga Rp
150.000,00 setiap group;
b. setiap sekolah dapat mengirimkan satu
group band; dan
c. formulir pendaftaran diserahkan kepada
panitia paling lambat tanggal 24 Februari 2011
V. Tempat pendaftaran
Ruang OSIS SMAN 2 Selong jalan TGKH.
Zainuddin Abdul Majid No. 1 Pancor 83611
Telp ( 0376 ) 21142
Fax. (0376) 21205
VI. Syarat pendaftaran
Membayar biaya pendaftaran dan menyerahkan
formulir yang telah diisi kepada panitia penyelenggara.
VII. Kategori lagu
1. Lagu wajib : I Have A Dream (Westlife)
2. Lagu pilihan :
She All I Ever Had (Ricky Martin); No Matter
What (Boyzone); I Want It That Way ( Backstreet Boys); Old Before I Die (Robbie
Williams); dan You Needed Me (Boyzone).
VIII. Waktu Pelaksanaan
Technical Meeting
Hari/Tanggal : 27 Februari 2011
Tempat : Aula SMAN 2 Selong
Pukul : 10.00
Lomba
Hari/Tanggal : 28 Februari 2011
Tempat : Aula SMAN 2 Selong
Pukul : 11.30 sampai selesai
Hadiah
Juara I : Rp 2.500.000,00; tropi; dan piagam
Juara II : Rp 2.000.000,00; tropi; dan
piagam
JuaraIII : Rp 1.500.000,00; tropi; dan
piagam
IX. Kepanitiaan
Penanggung jawab : Kep Sek SMAN 2 Selong
Ketua :
Rojali Syahputra
Wakil ketua :
Ricky Ferdian
Sekretaris :
Siti Fatimah
Bendahara :
Amalia Sholihat
Koordinator Acara : Yuyum Fahmidani
Konsumsi :
Eni Kurniasari
Dokumentasi :
Nurul Hidayah
Dekorasi :
Harpan juhari
X. Dewan Juri
1. Agus Putra Jaya (pengamat musik) 2. Ulfah Nurussifa (penyanyi) 3. Alan Vikhta
(gitaris)
XI. Anggaran
Pemasukan
Peserta 40 x Rp 150.000,00 Rp 6.000.000,00
Subsidi OSIS Rp 3.000.000,00
Sumbangan Depdiknas Rp 1.000.000,00
Sponsor Rp 3.200.000,00
Rp 13.200.000,00
Pengeluaran
Konsumsi Rp 1.700.000,00
Sewa Sound sistem Rp 1.000.000,00
Honor tiga dewan juri Rp 3.000.000,00
Pembelian hadiah Rp 6.000.000,00
Dokumentasi Rp 600.000,00
Dekorasi Rp 600.000,00
Lain-lain Rp 300.000,00
Rp 13.200.000,00
XII. Penutup
Kegiatan ini akan berjalan baik dan lancar
berkat dukungan dan bantuan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu per
satu. Oleh karena itu, kami ucapkan terima kasih.
Selong,
02 Januari 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Ketua Panitia,
Ahmad Supandi, M.Pd
Muhammad Ridwan, S.Pd
Bentuklah kelompok, beranggotakan 3
sampai 4 siswa!
1. Susunlah sebuah proposal kegiatan lengkap
sehubungan dengan rencana kegiatan study
tour di sekolah Anda! Rencanakan setiap hal dalam proposal dengan
saksama!
2. Bacakan proposal yang sudah dibuat di
depan teman-teman Anda!
3. Mintalah teman-teman Anda menanggapi
proposal tersebut! Lalu, buat catatan mengenai tanggapan dan penilaian temantemanmu!
4. Perbaiki proposal berdasarkan penilaian
dan tanggapan teman-teman Anda
0 komentar:
Posting Komentar
Terima kasih telah berkunjung ^_^ ! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.
[-] jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
[-] jangan komentar yang berisi link hidup,
[-] jangan berkomentar yang tidak relevan dan berkualitas rendah ,karena akan saya abaikan dan tidak akan saya Approve. Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.
SERING-SERING BERKUNJUNG SOBAT