Home » » CARA PRAKTIS MEMPERBAIKI STIK PLAYSTATION 2

CARA PRAKTIS MEMPERBAIKI STIK PLAYSTATION 2

Anggirocker - Salah satu faktor kenyamanan kita dalam bermain game ps2 adalah stikyang bagus dan enak dipakai,tapi bagaimana klo stik tersebut seringrusak dan kita ga bisa memperbaiki sendiri.yah terpaksa kita harusngeluarin duit buat benerin stik dibengkel"bukan bengkel motory,maksudnya tempat service"

Untuk itu buat temen2 yang punya psatau yang punya usaha rentalplaystation sudah seharusnya bisa untukmemperbaki stik controller yangrusak sendiri,minimal untuk kerusakankerusakan ringan.
untuk mengetes fungsi stik normal atau tidaknyakita bisaa menggunakanps one,mainkan cd game teken3.trus pilihcontroller pada menugamenya.disitu akan muncul gambar stik,dimana bilakita tekan tombolpada stik controllernya ,maka tombol pada gambar akanmenyala.misalkita tekan tombol R1,maka R1 yang akan menyala,demikianjuga dengantombol lainnya

Untuk mengetes getarnya kita pilihvibration.
Dengan demikian bisa diketahui bagian mana stik yangtidakberfungsi,umpamanya kita menekan tombol R1,ternyata ga menyalaberartitombol R1 yang ga berfungsi.
Cara lain, dapat menggunakan game Winning Eleven, meski kemampuangame ini untuk mendeteksi kerusakan tidak bisa 100%. Namun sebagaideteksi awal sudah mencukupi. Pilih game WE pada posisi 2 player sedangmemilih club. Untuk deteksi kerusakan, terutama tombol analog, akanlebih akurat bila stick dicoba main game GTA San Andreas. Bila padaanalog kiri ada kerusakan maka respon yang mungkin muncul adalah CJbergerak sendiri, tidak mau bergerak ke arah sesuai arah analog, dan maubergerak tapi tersendat-sendat (tidak normal). Bila analog kanan yangrusak maka respon yang mungkin muncul pandangan kamera terus ke arahtertentu, pandangan kamera tidak mau berubah sesuai arah analog.

Berikut cara-cara menganalisa kerusakan stik, berikut solusinya;

Tidak ada satupun tombol yang respon

Pertama,periksa kabel stik (ada 8 kabel) dengan AVO meter, pakai digital lebihbaik. AVO meter pada posisi ohm meter, kondisi normal harus menunjukkanangka mendekati 0 ohm, maksimal 5 ohm. Bila ada kabel yang menunjukkannilai ohm besar berarti kabel tersebut putus,bila tidak punya AVOmeter,kalian bisa membuat alat tes kabel stick sendiri. Coba potong pada ujungkabel kira-kira 10 cm, lalu periksa lagi kabel yang putus tadi. Bilasudah dipastikan kabel tidak ada yang putus maka sambung kabel ke pcb.

[Image: stik1.jpeg]
Jangan lupa urutan pemasangannya jangan sampai keliru. Bila kabel tetapputus, tidak ada pilihan harus ganti kabel baru. Bila dari pemeriksaantidak ada kabel yang putus, coba ganti kabel dengan yang baru (pastikantidak ada yang putus). Dan bila tetap tidak menyelesaikan masalah makaberarti ada kerusakan ic pada pcb stick. Bila ini terjadi maka sticksudah tidak bisa diperbaiki lagi. Namun kita masih dapat memanfaatkankomponen lain yang masih bagus, misalnya kebelnya, karet, analog, dan wadah stick-nya sendiri.
[Image: ps2_diagram2.jpg]

[Image: wiring.jpg]



Arah bergerak sendiri (lari)
Inidisebabkan analog ada yang rusak, yaitu pada analog sebelah kiri.Dengan AVO pada posisi 20 kilo ohm (AVO digital), ukur kaki elektrodaresistor analog yang tengah dengan kaki elektroda yang pinggir (kiri dankanan). Normalnya menunjukkan angka 2,5 - 4 kilo ohm, diukur saatanalog masih terpasang pada pcbnya . Bila dibawah 2 kilo ohm ataumelebihi 6 kilo ohm maka resistor tadi sudah tidak normal. Resistor yangterukur melebihi 6 kilo ohm, langkah pertama kita semprot dengancontact cleaner lalu tombol analog kita gerak-gerakan. Coba ukur lagiapa sudah normal. Bila mekaniknya analog masih layak pakai, maka kitadapat hanya mengganti resistor saja. Cari analog yang bekas, ukur duluresistornya apa masih normal. Kaki tengah dengan pinggirnya nilainyasekitar 5 kilo ohm (bila diukur terlepas dari rangkaian pcb).Selanjutnya kita ganti resistor yang rusak dengan yang normal tadi. Bilakondisi semua resistor dari analog masih normal, tapi tombol arah masihtetap lari sendiri, maka periksa kabel yang menghubungkan pcb utamadengan pcb tempat analog (pada stik TW atau biasa, pcbnya dari kayu).Apakah ada kabel yang putus, bila ada dapat disambung dengan sistimjumper memakai kabel. Karena kabel selendang susah dicari, dan dari 8kabel mungkin hanya 1 saja yang putus. Kondisi kabel bagus (tidak adayang putus), periksa sambungan pada pcb apakah ada yang putus.


[Image: analisa+stick+ps2.jpg]

Arahbergerak sendiri ini bila kerusakan ada pada analog sebelah kiri. Bilayang rusak analog sebelah kanan, maka indikatornya dapat dilihat saatbermain game:
>> Pada game WE, kadang-kadang pemain nendang bola sendiri.
>> Pada game GTA, arah camera bergerak sendiri, atau arah kamera hanya menuju arah tertentu saja.
>> Pada game smackdown pain, pemain gaya-gaya sendiri.

Tombol tidak respon dengan baik atau tidak respon sama sekali
Maksudnyaadalah tekanan pada tombol harus keras supaya respon. Periksa apakahkaret ada yang rusak/jebol. Bila sudah jebol, ganti dengan baru. Bilabelum jebol, dan fisiknya cukup baik, bersihkan carbon pada karet (yangberwarna hitam) dengan cotton bud yang disemprot contact cleaner. Jugabersihkan pcbnya. Bila carbon pada pcb ada yang rusak, olesi lagi dengancarbon cair. Pada stick ori (yang pcbnya terbuat plastik), kerusakanini bisa disebabkan jalur pada pcb ada yang putus. Tandanya dapatdilihat jalur berwarna agak hitam atau karbon pada pcb sudakkoyak/terkelupas.

[Image: overlay_membrane.jpg]


cukup sekian tips dari saya Semoga petunjuk ini bermanfaat bagi kalian,jika ada kesalahan saya mohon maaf.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Anggi Rocker

11 komentar:

  1. Terimakasih untuk info yang kerennya gan. Semoga bermanfaat untuk pembaca...

    ReplyDelete
  2. saya punya banyak stik rusak.. tipsnya bisa dipraktekkan gan,,

    ReplyDelete
  3. sy pnya setick mundur sendiri tak mau maju biar kt tekan analog kirike dpan,sy coba buka dan pasng lagi seticknya normal lagi,tapi kalau sudah kurang lebih 30 menit lagi bgitu mundur mundur sy buka lagi dan strusnya.makanya sy main sambil bukar pasang. gmna solusinya bos trm ksh

    ReplyDelete
  4. sangat informatif sekali gan, semoga kedepannya tambah kreatif lagi gan. artikelnya juga rapi dan enak dibaca.
    dan juga semoga mendapatkan banyak pembaca setia dari blog agan. smangat gan, ok.:)
    oh iya gan, pnya artikel tentang Belajar Search Engine Optimization tidak.

    ReplyDelete
  5. Glad to have found your site. Keep up the good work! DB Product Review

    ReplyDelete
  6. terimakasih min atas infonya. sangat berguna sekali buat saya apalagi saya membutuhkan info ini. thanks ya min.
    by admin : Belajar Search Engine

    ReplyDelete
  7. ijin nyimak aja

    http://obattradisional22.com

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ^_^ ! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.
[-] jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
[-] jangan komentar yang berisi link hidup,
[-] jangan berkomentar yang tidak relevan dan berkualitas rendah ,karena akan saya abaikan dan tidak akan saya Approve. Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.
SERING-SERING BERKUNJUNG SOBAT

 
Support : Google Impact | Google.com
Copyright © 2013. 1# | Knowledge and inspiration - All Rights Reserved
Template Modify by Anggirocker
Proudly powered by Blogger