Featured

Home » » Tips Trik dan Strategi Main Catur

Tips Trik dan Strategi Main Catur


Apa alasan Anda bisa sampai menemukan artikel ini dari Google Search? Saya pikir karena Anda suka bermain catur atau catur bukanlan hobi Anda, tetapi ada tantangan dari teman Anda untuk bermain catur. Satu hal lagi, mungkin bisa saya pastikan Anda bukanlah seorang pecatur profesional alias amatiran he.. Salah nggak?
Disini saya akan share sedikit tips dari saya untuk bermain catur, atau dengan kata lain tips-tips yang akan membuat Anda memenangkan banyak permainan catur. Saya bukanlah seorang pecatur profesional, tapi lumayanlah permainan catur saya untuk tingkat kelurahan he. Tapi sekarang sudah lama saya tidak bermain catur lagi, mungkin sudah sekitar 4 tahun lebih.
Satu tips yang pasti membuat Anda mahir bermain catur adalah dengan BELAJAR. So pasti itu. Dua hal yang mempengaruhi baik-buruknya permainan catur seseorang adalah:
  1. Pengalaman
  2. Kemampuan berfikir
Pengalaman

Logikanya, semakin banyak permainan catur yang kita mainkan, kemampuan kita akan semakin terasah. Apa saja yang disebut dengan pengalaman dalam bermain catur? Disini saya uraikan sedikit apa saja yang saya maksud dengan pengalaman tersebut. Pengalaman bermain catur bisa kita peroleh dari:
  • Sekolah catur
  • Belajar sendiri
  • Intensitas bermain catur itu sendiri
Bila kita pikir, "ngapain sich pake sekolah-sekolah catur segala? Apa repotnya sich ngurusin 32 bidak catur? Toh cuma kepintaran yang menjadi faktor mahir atau tidaknya seseorang itu bermain catur." Saya juga dulu pernah berpikir begitu. Mengapa? Saya bisa katakan bahwa seorang jenius yang bermain catur tanpa teori (otodidak) pasti akan kalah hanya dengan seorang pintar yang mempelajari teori-teori dalam permainan catur. Tentu perbandingan ini diukur dengan kesetaraan dalam beberapa hal dari kedua belah pihak yang bermain catur. Lihat saja, background para master catur dunia, selama hidupnya mereka pernah bersekolah catur.

Pembukaan gambit menteri
Gambit menteri, pembukaan favorit saya
Ok lupakan saja ya soal sekolah catur, ini mungkin bukan porsi kita lagi. Sekarang soal belajar sendiri. Bagaimana belajar sendiri itu? Gampang, beli saja buku-buku teori catur buatan para master catur. Pelajari saja dirumah. Saya sarankan untuk membeli buku ini dalam 2 jenis.
Yang pertama, buku tentang teori catur itu sendiri. Beli yang tingkat dasar saja bila belum pernah. Isinya misalnya tentang tips-tips pembukaan pertama dalam permainan catur dan beberapa langkah selanjutnya. Ada sistem pembukaan 2 langkah pion di depan raja, 2 langkah pion di depan menteri, 2 langkah pion di depan kuda kiri, pokoknya bermacam-macam dah. Untuk apa mempelajari pembukaan-pembukaan seperti ini? Tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menguasi 4 petak ditengah papan catur. Biasanya, pihak yang menguasai 4 petak tersebut, selalu memenangkan permainan catur dengan syarat tidak ada blunder.
"Kapasitas berfikir otak manusia tidak terbatas, otak menjadi tumpul bila tidak diasah. Cara mudah mengasahnya adalah dengan berfikir dan mengingat "
Ada juga berbagai tips lain misalnya pada saat permainan akhir yang ada hanya perdana menteri dan kuda (disamping beberapa pion dan raja), itu lebih unggul daripada perdana menteri dengan gajah. Dua pion yang berada jauh dari raja (pengawalan), salah satunya pasti akan menjadi menteri meskipun raja musuh (hanya tinggal raja doang) mendekatinya. Masih banyak lagi teori-teori lain. Itu sich teori yang paling dasar saya kira yang harus diketahui oleh pecatur.
Yang kedua, buku tentang permainan catur para master catur. Biasanya permainan-permainan catur mereka dibukukan. Nah, siapkan papan catur dan buku tersebut, mulai ikuti langkah-langkah para master catur sesuai kode gerak di buku tersebut. Bisa diibaratkan kita sedang menonton secara langsung permainan catur antara 2 master catur dunia. Dulu saya banyak membeli buku semacam ini. Yang paling saya cari adalah permainan dari master catur "Bobby Fischer" dari AS. Permainannya cukup unik dan sering mengejutkan lawan. Banyak langkah-langkahnya yang saya hafal. Mengasyikkan, banyak trik-trik briliant terdapat disitu.
Semakin banyak kita bermain catur, semakin terasah kemampuan kita. Kalau mau pintar, pilih musuh yang permainannya bagus. Jangan bermain catur dengan orang yang selalu kalah dari kita. Kapasitas berfikir otak manusia tidak terbatas, otak menjadi tumpul bila tidak diasah. Cara mudah mengasahnya adalah dengan berfikir dan mengingat.
Kemampuan Berfikir

Kalau soal yang satu ini saya menyerah alias tidak bisa memberi tips, karena saya bukan orang yang jenius. Jenius atau tidaknya seseorang biasanya memang sudah menjadi bawaan lahir. Semakin baik kemampuan seseorang dalam menambah. mengurangi, mengkali dan membagi angka-angka di luar kepalanya, bila orang tersebut bermain catur, saya kira orang tersebut akan mahir.
Dalam permainan catur, semakin banyak langkah yang bisa kita fikirkan, maka akan semakin baik. Untuk mengasahnya, rajin berolahraga, konsumsi makanan yang sehat dan yang terpenting berpikir itu sendiri.
Akhir kata
Saya bukan pecatur profesional atau bahkan juara kelurahan karena saya tidak pernah mengikuti lomba di keluarahan he.. Sejak SD saya suka sekali bermain catur, anak-anak seusia saya pada waktu itu bukan lagi menjadi musuh bermain catur bagi saya, karena saya biasanya selalu menang telak. Kala itu saya sering bermain catur dengan orang dewasa, sampai-sampai pernah seorang wanita yang marah dan menegur suaminya karena bermain catur dengan saya "Mas, enggak ada kerjaan lain apa. Main catur koq sama anak-anak!."
Cuma sebatas hobi, selesai SD saya "tidak pernah" bermain catur lagi. Hingga memasuki umur saya 22 tahun saya mulai bermain catur lagi dan selalu kalah bahkan dengan musuh amatir seusia saya. Tapi lambat laun saya kembali bisa mengimbanginya. Terus, saya beli deh buku catur seperti diatas dan saya pelajari. Alhasil dalam tempo 1 atau 2 bulan akhirnya saya selalu menang ketika menghadapi musuh kampung seusia saya. Nggak ada musuh lagi deh he..
"Satu hal dalam memulai suatu usaha apapun, katakan saja pada diri Anda sendiri bahwa "AKU BISA!"
Karena merasa sudah "sakti" akhirnya saya menjajal "master-master" catur di kota saya. Ada tempat tersendiri untuk kumpul bermain catur tersebut. Yang datang adalah penggila-penggila catur dari berbagai tempat di kota saya, kebanyakan umurnya saya perkirakan sudah berkepala 4, ada juga sesekali yang datang dari kota lain. Apa yang terjadi? Saya tidak pernah menang hehe... Ujung-ujungnya mereka enggan untuk menghadapi amatiran seperti saya.
Saya beli buku lagi deh (sebelumnya cuma beli 1 buku), saya pelajari lagi. Untuk beberapa lama, saya tidak muncul lagi di "forum" catur tersebut - lagi ngasah ilmu coy. Setelah merasa cukup siap, saya muncul lagi, satu persatu dari mereka yang dulu mempecundangi saya, saya kalahkan. Mereka pusing, koq sama remaja bisa sering kalah. Berbagai pertanyaan dan saran muncul dari mereka, belajar dimana? sekolah catur ya? ayo ikut kejuaraan di kotamadya. Akhirnya saya jadi orang yang cukup top deh di lingkungan pecatur tersebut.
Ok, terlalu panjang ya he... Saya juga awalnya tidak berniat untuk membuat artikel ini menjadi panjang, tapi karena keenakan menulis jadinya begini. Satu hal dalam memulai suatu usaha apapun, katakan saja pada diri Anda sendiri bahwa "AKU BISA!."
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Anggi Rocker

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ^_^ ! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.
[-] jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
[-] jangan komentar yang berisi link hidup,
[-] jangan berkomentar yang tidak relevan dan berkualitas rendah ,karena akan saya abaikan dan tidak akan saya Approve. Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.
SERING-SERING BERKUNJUNG SOBAT

 
Support : Google Impact | Google.com
Copyright © 2013. 1# | Knowledge and inspiration - All Rights Reserved
Template Modify by Anggirocker
Proudly powered by Blogger