Home » » Tips Mengerjakan Soal-soal SBMPTN 2013

Tips Mengerjakan Soal-soal SBMPTN 2013

Beberapa Tips Mengerjakan SBMPTN dengan Sukses
Pada tahun 2013 ini SNMPTN tulis telah resmi dihapus dan hanya ada jalur undangan saja. Meskipun SNMPTN telah dihapus, sebagai gantinya muncul SBMPTN dan tes mandiri PTN. Berikut saya tuliskan berbagai tips untuk menghadapi SBMPTN, dan mudah-mudahan bisa diterapkan.
Sebelum Test Berlangsung (Persianpan)
  1. Menguasai Materi - Kuasailah seluruh materi-materi yang akan diujikan. Menurut saya, soal SNMPTN memiliki kesuliatan diatas test UN. Maka karena itu, beberapa PTN di Indonesia tidak setuju hasil UN dijadikan dasar utama masuk PTN. Carilah buku-buku pemantapan materi. Hal ini akan mempermudahkan anda dalam mempelajari soal SMBPTN nanti. Anda sebaiknya menyiapkan jauh-jauh hari, kurang juga kalau cuma waktu 6 bulan saja. Sedikit banyaknya waktu adalah sangat bergantung pada kemampuan dasar yang sudah anda miliki.
  2. Lakukan Uji Coba (Try Out) - Saya sarankan anda agar ikut Try Out atau berlatih sendiri denagn menjawab soal-soal yang ada dengan alokasi waktu yang ditemtukan pada SBMPTN nanti.
  3. Pilihan Jurusan (Program Study) - Pilihlah program study dan PTN sesuai dengan kemampuan Anda. Pilihlah pada pilihan pertama program study yangs esuai dengan kemampuan Anda. Pilihan kedua, pilihlah program study yang passing gradenyaminimal 15% dibawah pilihan pertama.
SBMPTN | Tentang SBMPTN | Berita SBMPTN | Soal SBMPTN
Saat Test
  1. Perhatikan waktu yang diberikan dan atur pemanfaatan waktu sebaik-baiknya - Manajemen waktu adalah hal yang sangat penting, apalagi untuk mengerjakan test yang diberikan dengan waktu yang sangat terbatas. Mungkin ketika latihan kita bisa pas waktu dan dapat menjawabnya dengan benar. Namun, ketika test suasana menjadi berbeda. Usahakan latihan menjawab soal  denagn alokasi waktu dibawah waktu SBMPTN.
  2. Gunakan alat tulis standart dan terbukti baik dari kualitas standart - Anda harus memastika terlebih dahulu alat tulis yang ingin anda bawa. Bawa setidaknya dua buah.
  3. Miliki mata pelajaran Andalan - Ini adalah senjata yang sangat ampuh jika anda tidak menguasai seluruh mata pelajaran. Kerjakan yang anda bisa terlebih dahulu.
  4. Jangan Menebak-nebak jawaban - Kerjakan soal yang anda anggap lebih mudah terlebih dahulu. Jika tidak menguasai disarankan jangan menebak-nebak jawaban. Terkacuali kalau tidak mengerti sama sekali, silahkan tebak-tebakan atau bahkan menghitung kancing baju..wakakakaka
  5. Raihlah Nilai Komulatif Positif pada Masing-masing Pelajaran - Nilai komulatif adalah nilai nilai total masing-masing pelajaran. Jangan sampai nilai satu pelajaran anda bernilai negatif.
Pasca Test
  1. Koreksi hasil kerjaan anda dirumah, evaluasi dan hitung nilai anda.
  2. Boleh menggunakan daftar parkiraan passing grade sebagai acuannya.
  3. Periksa apakah point anda sudah memenuhi point 2 diatas terhadap pilihan pertama.
  4. Jika nilai anda jauh diatasnya, anda boleh berlega hati tetapi tetap berdo'a jangan sombong. Jika ternyata nilai anda pas-pasan terhadap pasing grade , banyaklah berdo'a dan siap-siap cari alternatif.
Semoga bermanfaat dan sukses dalam menghadapi SNMPTN | SBMPTN nanti.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Anggi Rocker

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ^_^ ! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.
[-] jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
[-] jangan komentar yang berisi link hidup,
[-] jangan berkomentar yang tidak relevan dan berkualitas rendah ,karena akan saya abaikan dan tidak akan saya Approve. Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.
SERING-SERING BERKUNJUNG SOBAT

 
Support : Google Impact | Google.com
Copyright © 2013. 1# | Knowledge and inspiration - All Rights Reserved
Template Modify by Anggirocker
Proudly powered by Blogger