Home » » Cara Menambahkan Meta Deskripsi pada Blogger Versi Terbaru

Cara Menambahkan Meta Deskripsi pada Blogger Versi Terbaru

Pada artikel kali ini, akan dijelaskan bagaiman Cara Menambahkan Meta Deskripsi pada Blogger Versi Terbaru. Mungkin sebagian dari Anda pengguna blogger, sudah ada yang tahu mengenai fitur ini,

Blogger telah menambahkan fitur terbarunya yaitu teknik atau cara terbaru dalam memasang atau menambahkan meta deskripsi pada pada blog, jadi kita tidak perlu lagi repot-repot untuk membuat meta deskripsi dengan mengedit template, atau masuk pada edit HTML pada menu Design / Rancangan.

Meta description merupakan bagian vital blog yang berisi informasi tentang blog dan artikel-artikel yang ditulis. Tanpa meta description maka blog akan sangat sulit dirayapi oleh mesin pencari. Salah satu kegunaan meta deskripsi lainnya adalah jika pada saat situs lain akan menampilkan situs blog kita pada situs mereka dengan mengambil informasinya dari meta description, sebagai contoh, pada saat anda menautkan sesuatu ke jejaring sosial tertentu, namun terkadang deskripsi sebuah blog di tautkan ke facebook (homepage) dan postingan blog tidak muncul. disinilah fungsi dari sebuah sebuah meta deskripsi yaitu memunculkan deskripsi suatu blog atau postingan blog jika kita menautkannya pada jejaring sosial tertentu.

jadi, beruntunglah kalian yang telah menggunakan platform blogger yang telah di beri kemudahan pada pemasangan meta deskripsi nya,
Ada dua macam meta tag deskripsi yang akan saya berikan tutorialnya kali ini; yang pertama adalah menambahkan meta deskripsi blog / homepage dan yang kedua menambahkan meta deskripsi tiap halaman posting atau individual post blog.
Disini saya menggunakan tampilan baru dasbor blogger.
baiklah, langsung kita mulai saja tutorial Cara Menambahkan Meta Deskripsi pada Blogger Versi Terbaru nya.

-  Menambahkan Meta Deskripsi Pada Home Page Blogger
  • Masuk ke akun blogger Dasbor > Klik Setelan/Setting > Preferensi Penelusuran > Tag Meta
    Cara Menambahkan Meta Deskripsi pada Blogger Versi Terbaru

  • Klik "Edit" pilih "Ya" pada "Aktifkan deskripsi penelusuran?"
    Cara Menambahkan Meta Deskripsi pada Blogger Versi Terbaru

  • Isi meta description dengan karakter maksimum 150 karakter. Setelah di isi klik tombol "Simpan perubahan"
Note:
Meta description ini akan digunakan hanya pada halaman utama (halaman index atau halaman beranda) sedangkan untuk masing-masing artikel, kita harus menuliskannya lagi.

-  Menambahkan Meta Deskripsi Tiap Halaman Postingan Blog Atau Static Page

  • Masuk ke menu Post > pilih postingan blog yang akan di edit.
  • Perhatikan pada sidebar editor, harus sudah bertambah satu widget "Deskripsi Penelusuran"
    Cara Menambahkan Meta Deskripsi pada Blogger Versi Terbaru

  • Klik "Deskripsi Penelusuran" dan masukan deskripsi artikel pada kotak dibawahnya, setelah itu klik tombol "Selesai"
Keterangan:
Deskripsi Penelusuran ini akan menggantikan deskripsi global, dan deskripsi ini akan digunakan mesin pencari untuk mengurai isi artikel anda. Meta Description ibarat ringkasan dari artikel yang anda tulis, oleh karena itu, buatlah deskripsi yang menarik. Deskripsi artikel tidak akan ditampilkan pada browser namun akan diambil oleh mesin pencari (machine-readable metadata) dan situs lain (misal Facebook dan Google Plus).

Belum selesai sampai di sini,silahkan edit sedikit template blogger anda untuk penyesuian..
Langkah :
  • Masuk ke "Template - Edit HTML - Lanjutkan"
  • Scroll hingga di temukan kode dibawah ini:
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
  • Jika tidak ditemukan berarti blog anda belum menggunakan meta description walau sudah diaktifkan, ikuti langkah penyisipan kode berikutnya.
  • Jika template belum menerapkan meta description, cari kode dibawah ini:
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
  • Masukan (copy paste) kode dibawah ini tepat di bawah kode <head>
<b:if cond='data:blog.metaDescription != &quot;&quot;'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
</b:if>
  • Simpan template..
Setelah meta description diaktifkan, dan artikel yang disertai meta descriptioan diterbitkan maka lakukan pengecekan untuk memastikan bahwa meta description sudah aktif pada blog anda. Lakukan langkah berikut:
  • Lihat artikel yang sudah disertai meta description
  • Gunakan kombinasi tombol keyboard CTRL + U (pengguna Firefox dan Chrome) atau klik kanan pada area artikel dan pilih "View source" (pengguna Safari) untuk melihat source code blog anda, dan perhatikan meta deskripsi yang baru saja anda buat. Atau gunakan kata kunci "name='description'" menggunakan pencarian browser. Jika sudah tampil seperti apa yang anda tuliskan pada artikel berarti meta description pada blog anda sudah aktif, lakukan share pada Facebook atau Google Plus, maka yang akan ditampilkan adalah meta description, bukan penggalan artikel lagi..
Demikian tutorial bagaimana Cara Menambahkan Meta Deskripsi pada Blogger Versi Terbaru. Oke rasanya cukup mudah, tinggal di praktekkan saja.
Semoga Bermanfaat...
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Anggi Rocker

7 komentar:

Terima kasih telah berkunjung ^_^ ! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.
[-] jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
[-] jangan komentar yang berisi link hidup,
[-] jangan berkomentar yang tidak relevan dan berkualitas rendah ,karena akan saya abaikan dan tidak akan saya Approve. Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.
SERING-SERING BERKUNJUNG SOBAT

 
Support : Google Impact | Google.com
Copyright © 2013. 1# | Knowledge and inspiration - All Rights Reserved
Template Modify by Anggirocker
Proudly powered by Blogger