Featured

Home » , , » Segala Hal tentang Wisata di Pulau Lombok ( Surganya Dunia )

Segala Hal tentang Wisata di Pulau Lombok ( Surganya Dunia )


Anggi Rocker
Sudah lama penulis tidak bercerita lagi tentang daerah-daerah tujuan wisata di Indonesia. Karena saat ini masih terbawa  liburan natal dan tahun baru, saya akan mencoba bercerita tentang pengalaman saya ke Lombok diiringi dengan ucapan selamat tahun baru buat para pembaca blog ini. Selamat menikmati yaa..
Oiya sambil membaca artikel ini, alangkah baiknya sambil ditemanin dengan lagu yang tidak sengaja saya temukan berikut ini :
Untuk memuaskan dahaga teman-teman yang juga ingin mengunjungi Pulau Lombok tapi masih membutuhkan informasi tentang tata cara menuju kesana, baiklah di poin pertama ini akan saya jelaskan bagaimana caranya menuju kesana.
Seperti yang kita ketahui Lombok adalah salah satu pulau tujuan wisata yang berada di sebelah timurnya Bali. Pulau ini merupakan salah satu dari dua pulau terbesar yang dimiliki oleh Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini kurang lebih berbentuk bulat dengan semacam ekor kecil di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini mencapai 5.435 km², menempatkannya pada peringkat 108 dari daftar pulau berdasarkan luasnya di dunia. Kota utama di pulau ini adalah Kota Mataram.
Ada dua cara untuk menuju Pulau Lombok, yaitu dengan jalur udara dan laut/darat.
Apabila menggunakan jalur udara, perjalanan ke Lombok bisa ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang dari Jakarta. Jarak tempuhnya kira-kira sekitar 4 jam jika transit di Yogyakarta atau Surabaya; atau penerbangan langsung dalam waktu 1 jam 33 menit.
Apabila berangkat dari Bali, kita bisa menggunakan jalur darat/laut. Pertama-tama rute yang kita tempuh adalah rute menuju Pelabuhan Padang Bai. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kapal ferry menuju pelabuhan Lembar. Harga sewa kapal ferry adalah sebesar Rp. 101.000,- untuk sepeda motor dan RP. 670.000,- untuk mobil.
Di pelabuhan ini kita bisa memilih kapal ferry sesuka hati kita dengan menunggu jadwal keberangkatan kapal setiap 30 menit. Jadi jika kapal yang dijadwalkan berangkat adalah kapal yang kecil dan jelek, tunggulah jadwal berikutnya apabila kita ingin menikmati perjalanan lautnya.
Gambar 1 Wisata Pantai Lombok
Gambar 2 Peta Pulau Lombok
BAHASA
Sekitar 80% penduduk pulau ini adalah suku Sasak, yang menggunakan bahasa Sasak sebagai bahasa utama dalam percakapan sehari-hari. Di seluruh Lombok sendiri bahasa Sasak dapat dijumpai dalam empat macam dialek yang berbeda yakni dialek Lombok utara , tengah, timur laut dan tenggara. Selain itu dengan banyaknya penduduk suku Bali yang berdiam di Lombok (sebagian besar berasal dari eks Kerajaan Karangasem), di beberapa tempat terutama di Lombok Barat dan Kotamadya Mataram dapat dijumpai perkampungan yang menggunakan bahasa Bali sebagai bahasa percakapan sehari-hari.
Gambar 3 Peta Bahasa
SEJARAH
Menurut isi Babad Suwung, kerajaan tertua yang ada di Lombok adalah Kerajaan Suwung yang dibangun dan dipimpin oleh Raja Betara Indera. Kerajaan Suwung kemudian surut dan digantikan oleh Kerajaan Lombok. Pada abad ke-9 hingga abad ke-11 berdiri Kerajaan Sasak yang kemudian dikalahkan oleh salah satu kerajaan yang berasal dari Bali pada masa itu. Beberapa kerajaan lain yang pernah berdiri di pulau Lombok antara lain Pejanggik, Langko, Bayan, Sokong Samarkaton dan Selaparang.
Gambar 4 Kegiatan kerajaan di Lombok
Masuknya Jepang (1942) membuat otomatis Lombok berada di bawah kendali pemerintah pendudukan Jepang wilayah timur. Seusai Perang Dunia II Lombok sempat berada di bawah Negara Indonesia Timur, sebelum kemudian pada tahun 1950 bergabung dengan Republik Indonesia.
OBYEK WISATA PANTAI
Pemandangan alam di Lombok walopun klise tapi memang benar indah sekali, sangat unik berciri khas wilayah nusa tenggara. Yang paling mengesankan saat berwisata ke Lombok adalam pemandangan alam yang berupa pantai. Lombok sangat pintar memadukan pemandangan pantai, bukit-bukit dan Gunung Rinjani dan sedikit terlihat Gunung Agung dari kejauhan. Selain pantai daratan, terdapat juga exotisme pemandangan laut di Pulau Gilis.
Berikut adalah tempat wisata pantai di Lombok yang terkenal :
1. Pantai Senggigi
Salah satu pantai yang paling terkenal di Lombok adalah Pantai Senggigi, yang terdapat di Lombok Barat. Pantai ini memberikan pemandangan bawah laut yang indah, cocok untuk bersnorkling karena lengkungan pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Apabila anda berencana berkunjung ke Pantai pasir putih dan tempat budi daya mutiara air ini, silahkan disatukan rutenya juga menuju obyek wisata lainnya, seperti pasar tradisional Ampenan (Kebon Roek), Pura Batu Bolong (Pura di atas batu karang yang lokasinya menjorok ke tengah laut. Puncak Gunung Agung Bali terlihat jelas dari Pura ini) , dan Desa Mangsit (pemandangan laut + sekumpulan pohon kelapa)
Gambar 5 Pantai Senggigi
Pulau Gili terletak di lepas barat laut Pulau Lombok. Ketiga pulau ini memiliki pemandangan pantai yang indah. Lautnya dangkal dengan ombak yang tidak besar, sehingga cocok kegiatan snorkling. Silahkan menuju Pelabuhan Bangsal apabila anda ingin berwisata ke ketiga pulau kecil ini. Gili Trawangan terletak paling jauh, Gili Meno berada ditengah-tengah, kemudian yang terdekat adalah Gili Air. Biaya kapal untuk menuju ketiga pulau kecil ini adalah 10.000 rupiah dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit-an. Gili yang paling terkenal dan terbesar adalah Gili Trawangan, tapi pilihlah Gili Air dan Gili Meno apabila anda menginginkan suasana yang lebih bersih, tenang dan sedikit orang. Oiya, air yang digunakan disini masih asin loh, jadi jangan lupa bawa persediaan air mineral yang cukup dan bila perlu bawa persediaan air untuk mandi. Listrik di ketiga pulau Gili ini disuplai dengan menggunakan tenaga diesel.
Gambar 6 Obyek Wisata Gili
3. Pantai Sire Medana
Salah satu pilihan wisata pantai di kawasan Lombok Utara adalah Pantai Sire Medana, terletak 35 Km dari kota Mataram. Pantai ini menyajikan keindahan panorama sunrise berlatar Gunung Rinjani. Pantai ini juga kaya akan coral dan ikan di sekeliling pantainya.
Gambar 7 Pantai Sire Medana
4. Pantai Kuta, Tanjung Aan, dan Wisata Lombok Tengah
Obyek wisata yang masih jarang dikunjungi tapi akan terus berkembang di lombok terdapat di kawasan Lombok Tengah. Disini terdapat Pantai Kuta Lombok yang pintar menyajikan perpaduan warna antara birunya air laut dan hijaunya perbukitan, salah satu pemandangan yang sulit ditemui di belahan bumi manapun. Selain itu, pantai Kuta Lombok juga  memiliki butiran pasir yang unik tiada duanya, seperti merica halus yang nyaman untunk diinjak yang konon dapat melancarkan peredaran darah.
Gambar 8 Pantai Kuta – Lombok
Selain pantai kuta, di Lombok Tengah juga terdapat obyek wisata Tanjung Aan, tidak jauh dari Pantai Kuta. Ada dua alternatif suasana yang bisa dinikmati selama berkunjung ke Tanjung Aan, yaitu menikmati hamparan pasir putih yang landai dan luas atau duduk-duduk diatas sambil menikmati keindahan panorama sekitar.
Gambar 9 Tanjung Aan
OBYEK WISATA GUNUNG
Selat Lombok menandai batas flora dan fauna Asia. Mulai dari pulau Lombok ke arah timur, flora dan fauna lebih menunjukkan kemiripan dengan flora dan fauna yang dijumpai di Australia daripada Asia. Topografi pulau ini didominasi oleh gunung berapi Rinjani yang ketinggiannya mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut dan menjadikannya yang ketiga tertinggi di Indonesia.
Gunung Rinjani adalah gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia. Gunung ini adalah gunung favorit bagi pendaki karena keindahan pemandangan alamnya yang dipadukan dengan keindahan Danau Segara Anaknya. Danau segara Anak adalah danau dengan kedalaman 160 – 230 meter, yang airnya berbau belerang dengan suhu berbeda dari satu tempat ke tempat lainnya. Luas danau ini sekitar 1100 hektar. Di tengah-tengah danau ini muncul gunung vulkanik baru yang masih aktif dan terus berkembang.Penduduk lokal percaya akan adanya misteri Dewi Enjeni, ratu jin penguasa Gunung Rinjani, sehingga masyarakat sering mengadakan upacara religius dengan melepaskan ikan-ikan terkecil terbuat dari emas tipis ke Danau Segara Anak. Jika sempat, jangan lupa padukan rute wisata ke Gunung Rinjani dengan mampir juga ke air terjun Benang Kelambu.
Gambar 10 Wisata Gunung Rinjani
Gambar 11 Wisata Air Terjun Benang Kelambu
WISATA BUDAYA :    DESA SADE
Desa Sade terletak tepat di tepi jalan raya Praya – Kuta dengan bagian luar desa terdapat papan besar bertuliskan SELAMAT DATANG DI DESA SASAK SADA. Desa ini adalah suku asli masyarakat Lombok, kehidupannya masih sangat tradisional dengan bangunan yang terbuat dari kayu, bilik bambu pada dindingnya dan beratapkan ijuk jerami. Oiya lantai rumah penduduk ini terbuat dari campuran tanah liat dan kotoran kerbau lohh.
Gambar 12 Foto Penulis di Desa Sada
Oiya di Desa Sade ini, setiap terdapat hajatan desa seperti upacara pernikahan, melahirkan, tiga bulanan, dll, rumah penduduk yang punya hajatannya selalu dioles lagi pakai kotoran kerbau juga. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kembali lantai rumah sebelum dihadiri oleh tamu-tamu lainnya. Hebatnya campuran kotoran kerbau ini tidak menyebabkan bau sama sekali.
Gambar 13 Rumah Desa Sade Tampak dalam
Sebenernya masih banyak juga objek wisata budaya berupa pura lainnya yang wajib dikunjungi dan belum disebutkan, seperti Pura Suranadi (pura Hindu tertua), Pura Lingsar (pura dengan kolam ikan keramat), dan Pura Narmada (terdapat mata air awet muda). Silahkan kunjungi juga objek wisata tersebut apabila kalian memiliki banyak waktu berwisata di Lombok.
BUDAYA UNIK LAINNYA BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI
1.      Upacara nikah hanya sabtu minggu
Banyak juga budaya unik yang hanya terdapat di Lombok seperti nikah yang diadakan cuma di hari sabtu dan minggu. Beneran gk boong, cuma sabtu dan minggu loh.. Yang lainnya haram! Atau kalau memang sudah kebelet, bli fendy sarankan mungkin bisa nikah di pulau-pulau terdekat sebelahnya, entah itu Bali atau Pulau Sumbawa. Hwhehehe…
Yang unik lagi, pernikahan di Lombok selalu diiringi dengan campuran musik tradisional dan musik metal dengan dua iringan yang berbeda. Konon semakin banyak peserta rombongan berarti kedua pasangan pengantin tersebut semakin disegani oleh masyarakat sekitarnya.
2.      Pulau Sejuta Cidomo
Di lombok terdapat banyak cidomo, yang merupakan trasnportasi kereta kuda khas Lombok. Kendaraan ini sangat populer karena memang jumlah kendaraan bermotor di Lombok masih sedikit dan dulu konon cidomo merupakan solusi dari masalah kelangkaan BBM di Pulau besar ini.  Untuk sekedar diketahui bahwa Lombok adalah salah satu pulau di Indonesia yang rasio elektrifikasinya terendah nomer dua dan sering mengalami hambatan dalam pendistribusian BBMnya.
Gambar 14 Cidomo
3.      Pulau tanpa Circle K apalagi Seven Eleven
Di Lombok (katanya) tidak ada convenience store, terutama circle K, entah alasannya kenapa. Tapi saat tahun baru beberapa minggu kemaren terlihat 5 toko baru yang sepertinya sudah mendapatkan ijin untuk beroperasi dan mulai berjualan. Buat rekan-rekan yang tertarik tinggal di Lombok sepertinya ini merupakan ide yang bagus.
PERMASALAHAN LOMBOK YANG PERLU MENJADI PERHATIAN
Penulis sengaja juga menyisipkan kritik disini dimaksudkan untuk membuat Lombok menjadi lebih baik lagi. Selamat menikmati yaa.
1. Rame Investasi dan Semoga Ini Tidak Merusak Alam dan Budaya Lokal Lombok
Dengar-dengar kawasan wisata Mandalika Resort, Lombok Tengah akan dibangun sirkuit balap mobil Formula 1. Selain itu, MNC Group milik pengusaha Hary Tanoesoedibjo melalui anak usahanya PT Global Land Develompment juga berencana membangun theme park atau taman hiburan terintegrasi seperti Disneyland, Underwater Park dan Techno Park. MNC Group juga akan membangun Plenary Hall untuk penyelenggaraan konser dan pelabuhan laut untuk kapal pesiar dan kapal laut.
Setelah mendengar berita ini harapan penulis adalah semoga proyek ini tidak merusak alam dan bisa diterima oleh masyarakat Lombok yang notabene masih tertutup. Kelemahan Lombok kalau dijadikan sebagai obyek wisata internasional adalah penduduknya masih belum bisa melihat bule2 berbikini berkeliaran, dugem tiap malem, ataupun mabuk2an di Pulau mereka setiap hari. Yang kedua mungkin tingkat ekonomi masyarakat Lombok masih rendah. Semoga tidak ada ketimpangan dan kecemburuan sosial saat banyak pendatang mulai tinggal di Lombok.
Jangan lupa kalau Lombok punya sejarah kelam tentang kerusuhan antara penduduk lokal dan pendatang.
2. Permasalahan lalat yang berkeliaran dimana-mana
Wisata di Lombok (mungkin) sudah identik dengan wisata sakit perut entah karena memang makanan di Lombok yang lebih pedas dari daerah lain atau karena permasalahan yang satu ini, yaitu KOTORAN KUDA berserakan dimana2 di sepanjang objek wisata di Lombok tidak terkecuali di daerah Gili Terawangan sekalipun.
Disini sampah menggunung disana sampah menggunung, membuat sanak saudara lalat menjadi kian bertambah dari hari ke hari. Permasalahan utama yang ada di Lombok ini harus segera diperbaiki dan dicari solusinya dahulu, kalau memang pemerintah serius ingin menjadikan Lombok sebagai daerah tujuan wisata dunia
3.      Bandara berkelas Internasional tapi kurang terawat
Tidak bisa dipungkiri daerah Bandara Internasional Lombok (BIL) sangat luas dengan rumput2 liar yang dibiarkan memanjang. Selain itu banyak juga orang yang berjualan ngemper seenaknya, berkemah, piknik sambil melihat pesawat2 yang tiba di Lombok.
Padahal bandara ini baru saja Oktober 2011 kemaren diresmikan dengan biaya yang cukup besar. Tumpukan sampah yang berserakan di tiap sudut bandara, dan sejumlah pedagang kaki lima yang bebas berkeliaran berjualan di area BIL membuat bandara internasioanl itu kian bertambah kumuh.
4.      Kesadaran tertib berlalu lintas yang “masih” rendah
Orang-orang yang berkendaraan bermotor di Lombok seakan tidak peduli dengan aturan lalu lintas yang ada. Saling terobos, asal nyebrang, pengendara yang gk make helm/sabuk pengaman, gepeng2 atau orang yang minta sumbangan memblokir jalan barangkali merupakan pemandangan yang wajar di Lombok.
Kalo masalah ini masih belum bisa diatasi sepertinya Lombok hanya akan menjadi objek wisata juara kampong karena masalah ini adalah hal yang memalukan apabila kita lihat dari kaca wisatawan mancanegara.
5.      Permasalahan listrik
Sepertinya inilah yang menjadi sumber dari segala masalah terhambatnya pembangunan pariwisata di Lombok.
Selidik punya selidik ternyata dari dulu Lombok adalah salah satu daerah yang rasio kelistrikannya paling rendah nomer dua se-Indonesia.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Anggi Rocker

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ^_^ ! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.
[-] jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
[-] jangan komentar yang berisi link hidup,
[-] jangan berkomentar yang tidak relevan dan berkualitas rendah ,karena akan saya abaikan dan tidak akan saya Approve. Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.
SERING-SERING BERKUNJUNG SOBAT

 
Support : Google Impact | Google.com
Copyright © 2013. 1# | Knowledge and inspiration - All Rights Reserved
Template Modify by Anggirocker
Proudly powered by Blogger