Home » , » Memunculkan Foto di Pencarian Google New

Memunculkan Foto di Pencarian Google New


Kalo kita sering melakukan pencarian di google, tentu saja pernah melihat foto profil yang muncul di samping hasil pencarian kita. Authorship markup ini sudah mulai di dukung oleh google sejak setahun yang lalu. Apa gunanya menampilkan foto author di hasil pencarian google?
Auhtorship, menurut saya sangat penting. Kawan saya, Doneeh pernah bilang, “saat ini yang paling penting dari sebuah website adalah authority-nya”. Authority disini bisa diartikan dengan banyaknya backlink, banyaknya user, banyaknya follower, banyaknya fans, banyaknya like, banyaknya +1 dan kejelasan siapa yang yang bertanggungjawab atas sebuat website atau secara spesisifik terhadap sebuah artikel. Dengan menampilkan profil di setiap halaman artikel yang kita buat dan ditampilkan juga oleh google di halaman hasil pencarian, user jadi tau siapa yang membuat artikel dan siapa yang bertanggung-jawab dengan kebenaran artikel tersebut. Apabila author tersebut memiliki follower yang banyak, bisa berarti dianggap popular dan mau “didengerin” banyak orang. Selain itu, tentu saja pengguna mesin pencari akan lebih senang nge-klik karena fotonya menarik/ganteng, mungkin saja :D .
Proses mem-verify authorship ini sebenarnya sudah sangat jelas di google. Ada 2 cara yang disarankan google untuk memverifikasi auhtorship agar muncul di hasil pencarian google, yaitu dengan verifikasi email domain atau membuat link ke profil Google+ kita.
Berikut ini cara menampilkan foto profil di hasil pencarian Google sebagai author/pengarang sebuah artikel dengan cara kedua yaitu dengan link ke profil Google+:
  1. Buat akun di Google +
  2. Edit profil Google+ dengan menambahkan nama dan url website/blog yang akan kita verify pada bagian Kontributor
  3. Buat link pada setiap artikel yang kita tulis dengan cara
    <a href="[profile_url]?rel=author">Nama Lengkap</a>
    Contohnya:
    <a href="https://plus.google.com/109097140621304019024?rel=author">Ahmad Isnaini</a>
  4. Cek apakah caranya sudah berhasil di structured data testing tool.
  5. Selesai
Untuk pengguna blog wordpress dengan beberapa author atau penulis dalam 1 blog, bisa dengan menambahkan kode <?php the_author_link(); ?> pada file themes single.php. Kemudian edit profil masing-masing user dan pada bagian Contact Info, Website di isi dengan url profil Google + masing-masing user.
Cara lain menampilkan foto profil di hasil pencarian yang pernah saya coba dan berhasil adalah dengan menambah meta rel=”author” pada bagian <head> html website/blog kita, seperti <link rel="author" href="https://plus.google.com/109097140621304019024" /> contohnya seperti ini:
<head>
<link rel="author" href="https://plus.google.com/109097140621304019024" />
</head>
Selamat mencoba !!
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Anggi Rocker

6 komentar:

Terima kasih telah berkunjung ^_^ ! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.
[-] jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
[-] jangan komentar yang berisi link hidup,
[-] jangan berkomentar yang tidak relevan dan berkualitas rendah ,karena akan saya abaikan dan tidak akan saya Approve. Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.
SERING-SERING BERKUNJUNG SOBAT

 
Support : Google Impact | Google.com
Copyright © 2013. 1# | Knowledge and inspiration - All Rights Reserved
Template Modify by Anggirocker
Proudly powered by Blogger