Home » , , » Anatomi dan Teknik Bass

Anatomi dan Teknik Bass

1.      ANATOMI BASS
 Sebelum mulai mempelajari bagaimana caranya memainkan gitar, harus dikenal dulu  apa saja bagian-bagian dari tubuh sebuah gitar, karena  pengenalan ini adalah sangat penting ketika akan bermain gitar tersebut. Dan dalam postingan ini akan sedikit dibahas mengenai anatomi gitar. Pada dasarnya, terdapat dua macam bentuk gitar, yaitu gitar biasa (akustik) dan gitar elektrik. Untuk perbedaan yang mendasar di antara keduanya, yaitu jelas pada ada dan tidaknya komponen elektronik yang dijalankan oleh listrik.
Gambar dibawah ini menunjukkan perbedaan bagian-bagian dari sebuah gitar akustik dan gitar listrik/elektrik.

Berikut adalah pengenalan tentang bagaimana senar dan fret ditandai. Senar ditandai dari yang paling tipis ke yang paling tebal, artinya senar 1 itu adalah senar yang paling tipis, begitu juga sebaliknya senar 6 adalah senar yang paling tebal. Tuning standar gitar e-B-G-D-A-E diurut dari senar 1-e (paling tipis) ke senar 2-B sampai senar 6-E (paling tebal)
Fret ditandai dari ujung kepala sampai body. fret 0 artinya senar lepas atau tidak ditekan sedangkan fret 1 adalah kotak 1, fret 2 adalah kotak 2 dan seterusnya tergantung panjang neck/leher gitar. lebih jelasnya lihat gambar dibawah

2.      TEKHNIK – TEKHNIK BERMAIN BASS
teknik bass
Teknik Slap adalah teknik yang tidak asing bagi para pemain bass. Slap merupakan teknik yang penuh dengan ritmik dan gaya perkusi. Suaranya yang terang dihasilkan dari benturan atau tamparan ibu jari tangan kanan ke sebuah senar bas yang diikuti dengan cabikan jari tangan kanan yang lain ke senar yang berbeda. Gaya slap biasa dimainkan di aliran jenis mudik Funk dan R & B. Akan tetapi sesuai dengan perkembangan zaman gaya pluck (P) merupakan dasar dari teknik slap.
Instrument bass

Seperti gitar, bass adalah alat musik yang menggunakan dawai ato senar sebagai sumber suaranya. Hanya saja bass memakai 4 (senar paling atas kalo ada di gitar), yaitu senar E yang paling rendah, senar A, senar D dan senar G yang paling tinggi. Susunan senar pada bass (4senar) juga dimulai dari senar 6=E, 5=A, 4=D, dan 3=G. Demikian pula dalam penulisannya dalam tablature, bass hanya menggunakan 4 garis yang mewakili senar-senar tersebut.

Meskipun bass akustik ada, tapi mayoritas bass lebih sering ditemui dioperasikan secara elektronis atau listrik dan memerlukan ampli untuk memperkuat suaranya.


Fungsi bass

Pada sebuah lagu, bass berperan sebagai penentu dan pemandu chord yang sedang dimainkan dalam setiap pergerakan lagu. Disini, bass berperan bersama guitar dan piano. Bass juga berperan sebagai pengiring musik saat dimainkan, dimana peran ini berbagi dengan pemain drum. Kalo uda diketahui bahwa bass seakan menghubungkan antara pemandu (gitar dan piano) dengan pengiring (drum) sehingga dapat menjadi kesatuan yang harmonis dan terorganisir dengan baik.


Root note

Setiap musik ato lagu menggunakan chord sebagai pengiring. Chord sendiri sebenarnya adalah kumpulan dari paling sedikit 3 nada yang dibunyikan secara bersama ato berdekatan. Bunyi utama yang paling mudah dikenali dari ketiga nada tersebut disebut root note, dan nada kedua berikutnya adalah pelengkap chord yang dapat menghasilkan suasana ato nuansa tersendiri. Misalnya chord C minor (Cm), berarti root note-nya adalah C dan nada kedua berikutnya adalah yang menentukan chord C tersebut menjadi sebuah chord jenis minor.

Nada-nada yang dimainkan pada bass umumnya adalah nada yang berasal dari root note yang merupakan nada utama dari sebuah chord diatas. Jadi gampang aja, kalo mo main bass mesti tau donk chord yang dipake pada sebuah lagu itu apa, tuez tinggal petik aja satu nada C,D,B,A apa aja deh asalkan root note!!! Mainkan nada pas waktu ketukan perpindahan chord. Ditambah nada-nada dengan panduan tertentu untuk improvasi yang bisa dilatih, bass akan mempercantik nuansa yang dihadirkan dalam sebuah lagu. Itu adalah pengertian secara mendasarnya. Simple kan,,,,


Kekuatan bass

Teknik untuk menentukan kapan bass dimainkan menjelaskan bahwa ketukan bass seringkali identik dengan kekuatan pada bass drum lagu. Ketukan seperti ini tampak jelas pada lagu-lagu blues. Bass drum yang sering dimainkan secara seragam juga menunjukan bahwa permainan bass sebenarnya juga dimainkan secara seragam. Hal ini memperjelas bass sebagai iringan lagu sangat penting keberadaannya. Teknik lainnya menjelaskan bahwa menentukan ketukan bass bisa dilakukan dengan memahami tekanan pada tiap-tiap bagian lagu, seperti masuknya bunyi gong pada musik etnik. Pada musik reggae dan ska, basss dimainkan dengan ketukan dan digabung dengan pemilihan nada-nada yang dinamis, sehingga menimbulkan kesan yang unik dan ceria di dalam iringannya yang cenderung monoton.


Teknik permainan bass

Bass dimainkan dengan cara yang hampir sama dengan gitar, yaitu dipetik. Teknik memainkan bass yang lain seperti slapping (memukul), membetot atau menstrumming bass juga dilakukan oleh pemain yang sudah tergolong mahir seperti Flea RHCP, hamper semua teknik dimainkannya pada semua lagu-lagunya.

Beda dengan pola permainan yang dimainkan Sting The Police yang mengacu pada musik reggae pada awal-awalnya. Permainan bass Sting cenderung menggunakan root note yang dimainkan pada tiap 1 ketukan secara merata dan berpindah-pindah apa adanya mengikuti perpindahan chord-nya. Permainan seperti ini ada pada lagu “EVERY BREATH YOU TAKE”. Toh, dengan mengandalkan root note lagunya jadi enak banged didengerin,,, that’s my favorite song.

Pada lagu-lagu jazz, bass sering dianggap sebagai motor penggerak lagu dan penentu warna lagu yang ingin ditampilkan. Mengingat juga bahwa jazz selalu menggunakan chord-chord yang rumit dan mengandalkan improvasi perorangan, permainan bass dituntut lebih handal dalam banyak hal.


Kurang lebih seperti itu mengenai bass, sory2 maap kalo ada yang salah. Ohhey!!!!
Dan untuk lebih jelasnya perhatikan partitur, terutama untuk Melodic Minor dimana tangga nada naik berbeda dengan yang turun.
Kadang-kadang memainkan tujuh nada pada suatu chord, tidak memungkinkan atau memang tidak diperlukan. Terutama jika kita memainkan lagu yang mempunyai tempo cepat dengan perpindahan chord yang rapat. Oleh karena itu, sering dipakai Pentatonic Scale yang hanya punya lima nada (penta = lima, tonic = nada).
Pada pentatonic scale ini, tidak dipakai nada kedua dan ke enam. Jadi formulanya adalah 1,3,4,5,7. Contohnya pada A Mixolydian Pentatonic Scale, tangga nadanya adalah A,C#,D,E,G. Pada kasus ini modes Dorian dan Aeolian menjadi tidak berbeda alias sama saja. Misalnya A Dorian Pentatonic dan A Aeolian Pentatonic tangga nada nya sama-sama A,C,D,E,G. Scale yang 'tidak' dimainkan sebagai pentatonic adalah Blue Note (Blues Scale).
Pada intro lagu “Sweet Child O' Mine”, bassis GN'R Duff McKagan memainkan riff pada Db dengan not yang berbeda-beda panjangnya. Di saat itu gitaris Slash memainkan riff melodi pada Db Major dengan not 1/8. (baik gitar maupun bassnya disetem setengah nada lebih rendah daripada seteman standar, tetapi pada partitur ditulis pada nada standar).
Pemain bass Metallica, Jason Newsted juga mempunyai riff yang asyik. Pada intro “My Friend Of Misery”, Newsted mengambil licks yang sebenarnya mirip dengan pendahulunya Cliff Burton dalam intro “Anesthesia (The Pulling Teeth)”. Yaitu D minor pentatonic ke C major pentatonic. Tetapi Newsted menambah dengan bass di A. Maka, chord-nya menjadi A Aeolian (tidak pentatonic). Sekali lagi untuk lebih jelasnya perhatikan partitur.
TEKHNIK BERMAIN BASS
Pada dasarnya bass adalah salah satu alat musik yang menentukan tempo dalam bermain musik, menjaga agar gitar dan vokal tetap konstan pada tempo yang telah ditentukan.
Untuk bisa bermain bass sebaiknya kita belajar gitar dulu, jangan langsung belajar bass. Sebab kata guruku, biasanya orang yang bisa bermain gitar pasti bisa bermain bass, tapi orang yang bisa bermain bass belum tentu bisa bermain gitar.
Seperti halnya gitar, bass adalah alat musik yang menggunakan dawai ato senar sebagai sumber suara. Hanya saja bass memakai 4 (senar paling atas kalo ada di gitar), yaitu senar E yang paling rendah, senar A, senar D dan senar G yang paling tinggi. Susunan senar pada bass (4senar) juga dimulai dari senar 6=E, 5=A, 4=D, dan 3=G. Begitu juga dalam penulisannya pada tablature, bass hanya menggunakan 4 garis yang mewakili senar-senar tersebut.
Meskipun ada bass akustik, tapi  yang sering didipakai adalah bass elektrik  yang membutuhkan ampli untuk memperkuat suaranya.
Peran Bass Pada Lagu:
- Bass berperan sebagai penentu dan pemandu chord yang sedang dimainkan dalam setiap pergerakan lagu.
-  Bass juga berperan sebagai pengiring musik, yang mana peran ini berbagi dengan pemain drum. Bass juga bisa menghubungkan antara pemandu (gitar dan piano) dengan pengiring (drum) sehingga dapat menjadi kesatuan yang harmonis.
Kita menggunakan chord sebagai pengiring sebuah lagu. Chord adalah kumpulan dari paling sedikit 3 nada yang dibunyikan secara bersama ato berdekatan. Nah, bunyi utama yang bisa dikenali dari ketiga nada itu disebut root note, dan nada kedua adalah pelengkap chord yang dapat menghasilkan nuansa tersendiri. Misalnya chord C minor (Cm), berarti root note-nya adalah C dan nada kedua berikutnya adalah yang menentukan chord C tersebut menjadi sebuah chord jenis minor.
Ada beberapa macam teknik dalam bermain bass:
1. Alternate Picking

Teknik ini yang paling sering digunakan oleh para bassist, karena alternate picking sebenarnya adalah teknik dasar dalam bermain bass. Caranya: memetik bass dengan menggunakan dua jari secara bergantian, umumnya sih pake jari telunjuk dan jari tengah.
2. Up Down Thumb
Dalam teknik ini kita gunakan jempol kita sebagai pick, sedang keempat jari2 yang lain kita pake buat memetik, mirip kayak bermain gitar lah… Jadi kalo biasanya kita menggunakan telunjuk dan jari tengah buat metik bass (alternate picking) maka dalam teknik ini kita ganti dengan jempol.
3. Slapping
Teknik menampar pada bass. Jadi memainkan bass dengan cara memukul bass dengan jempol atau telapak tangan, dan bunyi yang dihasilkan jadi kayak perkusi gitu.  Si om Flea bassistnya Red Hot Chilli Peppers yang biasanya suka pake teknik ini..
4. Popping
Teknik menarik senar dengan jari lalu dilepas lagi hingga beradu dengan fret, jadi suaranya nyaring kayak dua benda yang diadu. Biasanya kita bisa gabungin teknik slapping dan popping, ntar kombinasi suaranya jadi unik. Ada juga teknik popping dengan menarik dua senar sekaligus yang disebut double pluck.
5. Tapping
Teknik ini biasa digunakan pada gitar, tapi ngebasspun bisa pake teknik ini. Caranya: tekan senar dengan ujung jari ke fret bass lalu geser sedikit jari kayak lagi mencolek.
6. Neck Bending
Kalo dalam gitar kita mengenal teknik bending yaitu mengangkat senar dengan ujung jari, tapi kali ini kita lakukuin itu pada bass. Caranya: pada saat kita memetik, tekan senar yang ada pada headstock (pada ujung bass yang biasanya tempat kita menyetem), ntar bunyi yang dihasilkan seperti mendengung. Pak Billy Sheehan bassistnya Mr. Big sering pake teknik ini.
Dalam memainkan teknik2 diatas kita butuh orang yang mengerti buat memandunya agar bisa dilakukan dengan baik. Sering berlatih dan berguru pada ahlinya akan membantu menyempurnakan permainan kita. Karena jika salah dalam menerapkan tekniknya maka suara yang dihasilkan akan beda.
Perhatikan juga posisi tangan, gunakan power pada pergelangan tangan, jangan pada lengan. Ingat, sering2lah melakukan senam jari buat pelemasan dan fingering agar gak terjadi cedera pada jari.



Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Anggi Rocker

2 komentar:

Terima kasih telah berkunjung ^_^ ! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.
[-] jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
[-] jangan komentar yang berisi link hidup,
[-] jangan berkomentar yang tidak relevan dan berkualitas rendah ,karena akan saya abaikan dan tidak akan saya Approve. Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.
SERING-SERING BERKUNJUNG SOBAT

 
Support : Google Impact | Google.com
Copyright © 2013. 1# | Knowledge and inspiration - All Rights Reserved
Template Modify by Anggirocker
Proudly powered by Blogger