Featured

Home » , » Rumus Dan Cara Menyelesaikan Rubiks 3X3

Rumus Dan Cara Menyelesaikan Rubiks 3X3

Rumus Dan Cara Menyelesaikan Rubiks 3X3

51UxYC0rB0L._SS500_

Ada yang ingin belajar Rubiks..??? oke.. saya akan coba berbagi sedikit cara yang saya gunakan untuk menyelesaikan rubiks 3×3. Sebelumnya saya harus memberitahu terlebih dahulu posisi posisi atau bagian bagian di dalam rubiks, kerena ini sangat penting jika sobaat ingin menyelesaikan rubiks. Oh..iya.. saya ingatkan rubiks 3×3 ini adalah dasar,  jadi harap di pahami dan di hafalkan algoritmanya jika sobat ingin menyelesaikan rubiks pada tingkat tingkat yang lebih tinggi.
Baik langsung saja… perhatikan gambar di bawah ini
rumus
Oke.. jika sudah paham dengan cara cara muter rubiksnya langsung kita mulai tahap pertama.
Tahap Pertama (Membentuk Cross)
Sobat harus memilih warna yang akan sobat jadikan sebagai warna dasar pada bagian bawah (D) . Disini saya gunakan warna merah sebagai contohnya. Cari pices/biji center yang berwarna merah,lalu jadikan sebagai bagian bawah pada rubiks sobat.  lihat gambar di bawah ini.
3x3.2

Catatan: Yang harus di ingat adalah jika sobat sudah memilih warna merah sebagai warna dasar pada bagian bawah rubiks 3×3, sobat tidak boleh mengganti ganti lagi. Tetap letakan warna merah sebagai dasar pada bagian bawah.

Jika sudah, lalu pada bagian atasnya (U) letakan edge berwarna merah pada posisi seperti pada gambar di bawah ini
3x3.1
Pada langkah pertama ini intinya kita hanya ingin membuat cross, tetapi dengan center yang berwarna merahnya kita letakan di bagian bawah dan edge nya kita susun/letakan di bagian atas.
Selanjutnya kita harus menyamakan warna kaki dari masing masing  edge merah yang telah kita susun/leatakan pada bagian atas (U). perhatikan gambar di bawah ini.

Untitled

 Setelah di samakan warna kakin edge nya dengan center yang tepat berada di bawahnya, lalu jalankan algoritma ‘F2’, Jadi maksudnya edge yang telah kita samakan kakinya tersebut kita letakan di bawah agar berdampingan dengan biji center merah yang telah kita letakan di bawah sejak awal. perhatikan gambar di bawah ini.
Untitled.2
Jika bagian sisi bawah sudah membentuk cross plus kaki kakinya pun sudah sama semua, sekarang saatnya ke tahap ke dua yaitu mengisi mengisi ke 4 biji corner, lihat saja gambar di atas..! corner nya masih belum sama bukan warnanya..?? nah… itulah tugas kita selanjutnya…
Tahap Ke Dua (Mengisi corner dengan benar)
Pertama cari biji corner yang mengandung warna merah, yang harus di perhatikan adalah warna merah nya itu harus selalu menghadap kesamping dan selalu harus berada pada bagian (U). Jika warna merah nya masih menghadap ke atas sobat ha rus membuatnya menghadap kesamping terlebih dahulu, dan jika warna merah nya itu berada pada bagian (D) sobat harus memindahkanya ke atas/bagian (U). Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
 DSC00273
Perhatikan biji corner yang di tunjuk anak panah. Biji corner tersebut mengandung warna merah,biru dan hitam, jangan perdulikan warna yang menghadap ke atas yaitu ‘HITAM’ perhatikan saja warna yang menghadap ke samping yaitu merah dan biru. Samakan warna yang bersebelahan langsung dengan warna merah yaitu warna biru dengan center pada layer ke 2 (Midle)

DSC00271
DSC00274
Gunakan cara diatas untuk menyelesaikan layer bawah (layer pertama) Jika warna merahnya yang menhadap samping  ada sisi Left (L) gunakan algoritma L’ U’ L.
Tahap ke tiga (menjadikan layer midle /ke 2)
Perhatikan warna center pada bagian atas, disini karena saya  menempatkan warna merah sebagai sisi bawah otomatis center atas pasti berwarna orange. yang harus di perhatikan sobat harus mencari edge yang tidak mengandung warna orange. Setelah itu samakan warna kakinya seperti biasa dengan center yang ada tepat di bawahnya.
 DSC00276
Perhatikan gambar di atas, setelah kaki edgenya yang berwarna biru kita sudah samakan, lalu lihat warna atasnya yaitu warna hitam. Nah.. perhatikan base warna hitam itu ada di sisi mana?? jika ada di sisi kanan maka gunakan algoritma kanan yaitu U R U’ R’ U’ F’ U F
Dan jika base hitam ada di sisi kiri maka gunakan algoritma kiri yaiitu U’ L’ U L U F U’ F’.  Kebetulan pada contoh diatas base warna hitamnya ada di sisi kanan, jadi harus gunakan rumus kanan.
DSC00277
Oke… setelah satu edge telah tereksekusi, sekarang cari edge selanjutnya pada bagian atas yang tidak mengandung warna orange. Pada gambar di atas yang di tunjuk oleh tanda panah hitam adalah edge selanjutnya yang bisa di eksekusi karena tidak  mengandung warna orange. Caranya sama saja… samakan dulu warna kaki edgenya yang berwarna hijau dengan biji center yang terletak tepat di bawahnya, tinggal di puter puter saja bagian U nya tersebut. Setelah sama lihat warna atasnya yaitu kuning, lihat base kuning adanya di sisi mana… Lakukan cara ini sampai layer kedua (midle) selesai.
Tahap ke empat
Sekarang saatnya ke tahap 4 atau final. Sekarang jika sobat sudah menyelesaikan layer ke 2, perhatikan kondisi apa yang di dapat pada bagian atas atau layer ke tiga.  Untuk menyelesaikan layer ke tiga hal pertama yang perlu di lakukan adalah menyamakan warna sisi atas menjadi sama seluruhnya, dalam contoh adalah warna orange. Untuk menyamakan warna atas kita harus mencari bentuk cross terlebih dahulu
Jika sobat mendapatkan kondisi sisi atas seperti gambar di bawah ini langsung gunakan algoritma F R U R’ U’ F’
DSC00010
Jika mendapatkan kondisi atas seperti gambar di bawah ini, tetap menggunakan algoritma F R U R’ U’ F’
DSC00011

Di atas adalah kondisi berbentuk huruf L kecil, yang harus sobat lakukan adalah menghadapkan ujung huruf L ke arah kanan, sehingga membentuk huruf L kecil terbalik. Perhatikan gambar yang di beri garis warna biru, kemudian gunakan algoritma F R U R’ U’ F’
Setelah itu pasti sobat menemukan bentuk garis lurus, yang harus sobat lakukan adalah posisikan garis tersebut  pada posisi horizontal. Lihat gambar di bawah ini
DSC00012
Seperti biasa abaikan yang di lingkari hitam, dan jadikan sisi yang di tunjuk tanda panah kuning sebagai Front (F) agar garis lurus tersebut tampak terletak horizantal. Dan tetap gunakan algoritma  F R U R’ U’ F’
jika mendapatkan bentuk seperti di bawah ini artinya sobat sudah mendapatkan bentuk cross
3x3.1
Bentuk di atas disebut bentuk tank, hadapkan moncong tank tersebut ke arah kiri lalu gunakan algoritma R U R’ U R U2 R’. Setelah itu sobat akan mendapatkan bentuk seperti di bawah ini
3x3.2
Setelah mendapatkan kondisi di atas, jadikan sisi yang tidak terdapat corner orange sama di bagian atas sebagai front (F) lalu gunakan algoritma R U R’ U R U2 R’  Sampai sobat mendapatkan bentuk ikan

DSC00013
Bentuk ikan sudah di dapatkan lalu hadapkan pala ikan ke kiri bawah, corner atas kanan harus terdapat warna orange, pada gambar di atas belum terdapat. Jangan bingung gunakan saja algoritma R U R’ U R U2 R’
DSC00014
Setelah warna atas sama semua langkah berikutnya adalah menjadikan samping pada bagian atas, langkahnya adalah cari corner atas yang memiliki warna yang sama, tetunya warna yang menghadap ke samping, lalu letakan corner yang sama itu di sisi kiri, atau jika sedang beruntung sobat akan mendapatkan sisi yang sudah jadi, lalu letakan sisi yang sudah jadi di sebelah kiri. Kemudian gunakan algoritma   R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U’ L. Lihat gambar
DSC00015
Jika belum ada corner yang sama gunakan saja algoritma R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U’ L

Perhatikan gambar di bawah ini
DSC00016
DSC00017
DSC00018
Pices tetukar tempat, perhatikan arah pertukaranya, lalu gunakan algoritma F2 (U/U’) L R’ F2 L’ R (U/U’). Jika arah pertukaranya searah jarum jam maka gunakan (U) jika berlawanan arah jarum jam gunakan (U’).
Nah…. gimana uda jadi belum..??? semoga cara di atas bisa membantu sobat . Jika ada salah mohon di koreksi.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Anggi Rocker

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ^_^ ! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.
[-] jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
[-] jangan komentar yang berisi link hidup,
[-] jangan berkomentar yang tidak relevan dan berkualitas rendah ,karena akan saya abaikan dan tidak akan saya Approve. Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.
SERING-SERING BERKUNJUNG SOBAT

 
Support : Google Impact | Google.com
Copyright © 2013. 1# | Knowledge and inspiration - All Rights Reserved
Template Modify by Anggirocker
Proudly powered by Blogger