cara Jitu menghemat Uang

9 Tips Hemat Uang



adhari purnawan m chanani

Mengontrol keinginan adalah salah satu modal utama untuk punya tabungan. Ikuti tips berikut ini agar tak perlu lagi pusing akibat gaji "menguap" sebelum akhir bulan.

1. Buat daftar pengeluaran Anda setiap bulan. Yang termasuk dalam hal ini adalah dana untuk cicilan atau sewa rumah, listrik, air, telepon, kebutuhan sehari-hari untuk makan dan baju, ongkos transportasi, jalan-jalan dan nonton ke bioskop. Agar lebih mudah, Anda bisa membuatnya di komputer. Jumlahkan seluruh pengeluaran Anda. Tulis jumlah pemasukan Anda setiap bulan, lalu kurangi dengan jumlah pengeluaran.

2. Periksa daftar dan cari pengeluaran yang bisa Anda pangkas. Misalnya, bila biasanya Anda makan di luar saat di kantor, cobalah membawa bekal makan siang dari rumah. Anda akan terkejut melihat uang yang berhasil Anda simpan karena melakukan hal ini.

3. Bayar dulu semua tagihan, setelah itu sisihkan uang untuk disimpan. Dengan menyisihkan lebih dulu, pengeluaran akan lebih terkontrol dan Anda tidak panik saat mendadak membutuh uang. Selain menyimpan dalam bentuk tunai, simpan tabungan dalam bentuk yang tidak gampang diutak-atik. Misalnya, asuransi, deposito atau reksadana.

4. Kurangi jadwal menonton di bioskop. Kalau Anda biasa menonton film di bioskop setiap minggu, kurangi jadwalnya menjadi 1-2 kali per bulan. Sebelum pergi nonton atau jalan-jalan, makan terlebih dulu di rumah. Anda bisa menghemat uang lumayan besar, apalagi bila pergi bersama keluarga.

5. Beli baju di toko yang memberikan diskon atau tunggu saat sale tiba. Batasi pembelian baju, cukup 2-3 bulan sekali. Toh, Anda tidak membutuhkan baju baru setiap bulan.

6. Sebisa mungkin, hindari penggunaan kartu kredit. Kecuali, Anda bisa membayar seluruh tagihannya sekaligus saat jatuh tempo. Tak perlu jadi kolektor kartu kredit, dan gunakan kartu ini hanya saat darurat. Gunakan kartu debet, jadi Anda hanya membelanjakan uang sebatas kemampuan Anda.

7. Taati bujet yang sudah Anda buat setiap bulan. Sehingga, Anda bisa terus menabung. Awalnya mungkin sulit, tapi Anda akan merasakan manfaatnya bila sudah terbiasa.

8. Minta pasangan untuk menjadi pengawas Anda. Agar pengelolaan keuangan ini berjalan lancar, sebaiknya kedua belah pihak punya visi dan misi yang sama. Kalau belum sama, diskusikan hal ini bersama pasangan.

9. Ajari anak Anda untuk menabung sejak dini.

Reply With Quote
Old 16th March 2009, 13:55 #2  
Addict Member

tretreterter is offline

Join Date: Mar 2009
Posts: 115
tretreterter is a new comer
Default Cara mengirit Uang

Cara mengirit Uang
adhari purnawan m chanani
taufik m chanani
kurniadi m chanani

OB lebih kreatif dari staf
Deni adalah seorang copywriter di sebuah biro iklan lokal. Teman- temannya mengatakan bahwa Deni sedang kesulitan keuangan. Kok tahu?
Ya taulah. Karena setiap kali kekurangan uang, Deni selalu sibuk meminjam uang sana sini. Beberapa temannya ada yang menolak karena setiap bulan dia hampir selalu meminjam uang.

Memang, setelah gajian utangnya pasti dibayar, tapi beberapa hari kemudian pinjam lagi. Lama-kelamaan teman-temannya merasa keberatan. Kalau sudah demikian, maka Deni sibuk mencari-cari siapa yang dapat meminjamkan uangnya.

Akhirnya Deni mendapatkan juga uang yang dibutuhkannya dari pinjaman seorang office boy. Sebenarnya Deni malu. Uangnya sudah habis padahal baru tanggal 16. Dia sudah tidak punya uang lagi untuk naik taxi ke kantor dan untuk biaya makan.

Ketika dia sedang berkeluh kesah dan bingung, tiba-tiba office boy menawarkan uangnya. Dia tidak sampai hati melihat Deni kesulitan. Deni tadinya menolak karena malu. Masak staf meminjam uang dari office boy?

Tapi orang tersebut benar-benar rela ingin membantunya, sehingga akhirnya Deni menerima bantuannya.

Dalam hati kecilnya Deni merasa sangat malu. Malu sekali!. Tapi Deni terpaksa menerimanya, dia benar-benar tidak punya uang. Keesokan harinya dia ingin mencari office boy tersebut dan mengajaknya berbincang-bincang.

Deni penasaran. Mengapa office boy tersebut bisa punya uang lebih dan bahkan bisa meminjamkan uangnya kepada Deni? Bukankah gaji Deni lebih besar? Mereka sama-sama masih bujangan, belum menikah. Tapi, mengapa office boy tersebut bisa menyimpan uang sedangkan Deni selalu kehabisan uang? Kok bisa? Apa kuncinya?

Siangnya Deni baru mendapat kesempatan untuk berbincang-bincang dan bertukar pikiran. Office boy itu memang sangat istimewa. Dia paling rajin bekerja. Paling tuntas mengerjakan semua tugasnya. Tidak pernah terlambat masuk kerja. Padahal kalau dilihat penampilannya sepertinya biasa saja. Orangnya sederhana, agak kurus dan sopan, tapi tidak terkesan menjilat.

Sambil makan siang bersama di warung sebelah, Deni mulai menggali kunci sukses menyimpan uang yang dilakukan office boy tersebut. “Bagaimana caranya sih, kok bisa mempunyai uang lebih? Gaji saya selalu habis setelah tengah bulan.” Deni membuka percakapan.

Office boy tersebut mulai bercerita. “Saya dulu juga begitu, mas. Gaji saya selalu habis sebelum akhir bulan. Akhirnya saya terpaksa meminjam dari teman. Tapi setelah meminjam, rasanya gaji saya semakin tidak cukup. Karena setiap kali gajian, saya harus mengembalikan uang yang saya pinjam di bulan sebelumnya.

Jadi uang gaji saya berkurang. Akibatnya saya semakin kekurangan mas. Gaji utuh saja tidak cukup, apalagi setelah dipotong untuk membayar utang. Ya, semakin berkurang lah mas. Semakin lama, utang saya semakin banyak”

Benar juga, pikir Deni. Pikiran yang sederhana tapi mengandung kebenaran karena seperti itulah yang dialaminya. “Jadi bagaimana caranya melepaskan diri dari lilitan utang?” tanya Deni.

“Waktu itu saya diajari oleh nenek saya. Saya pernah pulang kampung tanpa membawa uang banyak. Waktu itu nenek saya bertanya kemana gaji saya. Saya bilang sudah habis. Langsung saya dipanggil dan diberi wejangan oleh beliau.” katanya.

Nenek saya berkata: “Uang itu seperti air. Air selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah. Kalau tidak dibendung, maka air akan mengalir terus. Seperti sungai. Harus dibendung. Setelah dibendung, maka uang akan berhenti mengalir dan akan mulai bertambah banyak.”

Hidup prihatin

Waktu itu saya bertanya: “Bagaimana cara membendungnya? ” Nenek saya menjawab tegas:”Prihatin. Bulan depan jangan utang lagi.”

“Tapi nanti kurang nek.”

“Tidak”, kata nenek. “Begini caranya. Begitu terima gaji, segera lunasi utangmu. Sisanya harus dicukupkan untuk sebulan. Jangan utang. Kamu jangan makan di luar atau jajan. Kalau perlu makan nasi putih dan garam, kecap atau kerupuk saja. Pasti cukup.” Lalu saya diajak menghitung berapa uang yang harus saya sisihkan untuk ongkos, berapa untuk beli beras, garam, kecap dan kerupuk, dan lain-lain.

Nenek benar-benar meminta saya hidup secara prihatin. Saya tidak boleh naik ojek lagi. Dari rumah saya harus berjalan kaki ke jalan raya tempat saya naik angkutan umum. Pulangnya juga tidak naik ojek karena ojek cukup mahal. Uang saya memang pas-pasan untuk hidup ngirit seperti itu. Tapi memang cukup sih.”

“Bulan depannya, saya disarankan untuk melanjutkan hidup seperti itu. Bulan depannya, uang gaji saya sudah mulai ada yang bisa saya sisihkan untuk ditabung.

Bulan ketiga saya mulai makan lebih banyak demi menjaga kondisi tubuh saya, bukan lagi dengan garam dan kecap. Tapi dua bulan hidup sederhana telah membuat saya tidak ingin beli apa-apa lagi. Makanan saya cukup sederhana saja. Saya tidak lagi suka jajan. Saya tidak pernah naik ojek lagi. Dari situlah saya mulai bisa menabung mas. Sampai sekarang.”

Deni bertanya:”Boleh tahu berapa tabungan kamu? Tapi kalau kamu keberatan menjawab, tidak apa-apa. Tak usah dijawab.”

“Tidak apa-apa mas. Tabungan saya hampir enam juta rupiah. Saya ingin menabung untuk biaya pernikahan saya tahun depan Mas.”

Deni hanya bisa terharu. Yang penting niat. Kalau mau ngirit, pasti bisa. Mengapa uangnya habis terus? Karena pengeluaran Deni cukup besar. Padahal sebenarnya bisa dikurangi. Tapi Deni cenderung memanjakan dirinya. Dia selalu memilih naik taxi. Makan siang selalu di luar, tidak pernah mau membawa nasi atau makanan dari rumah. Pengeluarannya jauh melebihi gaji yang diperolehnya.

Rasa haru campur malu membuat Deni bertekad mengubah cara hidupnya. Dia juga ingin membendung uang yang dimilikinya. Dia takkan membiarkan uangnya mengalir terus. Harus segera dibendung. Mulai kapan? Hari ini! Change! Start today! Start now!

Reply With Quote
Old 16th March 2009, 13:56 #3  
Addict Member

tretreterter is offline

Join Date: Mar 2009
Posts: 115
tretreterter is a new comer
Default Yang Dibuat Simple8

Yang Dibuat Simple8
adhari purnawan m chanani
kurniadi m chanani
taufik m chanani

“Dan mereka hidup berbahagia sampai selama-lamanya ….” begitulah kurang lebih signature ending-line dari karya-karya HC Andersen, seorang maestro dongeng anak-anak yang sangat terkenal di kalangan mereka yang lahir di tahun 60-an.

Namun belakangan ini saya menemukan ternyata baris legendaris tersebut bukanlah dimulai oleh HC Andersen. Kitab Wahyu memberikan ending yang jauh lebih hebat untuk kehidupan semua mereka yang dikasihi oleh Tuhan Yesus. Bunyinya seperti di bawah ini :

Maka tidak akan ada lagi laknat. Takhta Allah dan takhta Anak Domba akan ada di dalamnya dan hamba-hamba-Nya akan beribadah kepada-Nya, dan mereka akan melihat wajah-Nya, dan nama-Nya akan tertulis di dahi mereka. Dan malam tidak akan ada lagi di sana, dan mereka tidak memerlukan cahaya lampu dan cahaya matahari, sebab Tuhan Allah akan menerangi mereka, dan mereka akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya. (Why. 22:3-5)

Ending Hidup Sebagai Anggota Keluarga Raja
Menakjubkan bukan? Suatu ending yang Tuhan janjikan untuk kita semua. Kita bukan hanya akan memerintah bersama Dia selama seratus juta tahun, dan juga bukan hanya selama seratus trilyun tahun. Tapi Tuhan Yesus menjanjikan “royal status” untuk selama-lamanya. Berapa lamakah itu? Wah... saya tidak bisa menggambarkan dengan persis karena saya belum pernah melaluinya. Tapi yang pasti, itu akan menjadi “akhir” yang tak akan pernah kita tukar dengan apapun, APAPUN juga yang dunia tawarkan kepada kita.

Dan saudara-saudari, mengetahui akhir yang gamblang dan indah sedemikian rupa membuat hidup kita menjadi sederhana. Sebetulnya memang ini yang Tuhan Yesus maksudkan untuk kita: Hidup yang tidak complicated atau rumit. Secara garis besar bisa digambarkan sebagai berikut:

Percaya Yesus -> diselamatkan -> hidup setia kepada-Nya (mungkin 40-50 tahun lagi, tergantung berapa usia anda) -> ditutup dengan memerintah bersama Dia selama-lamanya.

Sangat simple bukan?

Mengapa Membuat Hidup Menjadi Rumit?
Namun kenyataannya banyak orang yang membuat hidupnya begitu rumit dengan mengijinkan dirinya ditekan oleh persoalan-persoalan hidup seperti masalah keuangan, keluarga, pekerjaan, dll. Mereka membiarkan masalah-masalah tersebut mengalihkan perhatian mereka dari Tuhan. Mereka mau hidup menderita untuk hal-hal yang sebetulnya tidak terlalu penting dan menentukan di dalam kekekalan. Jangan salah tangkap. Hal-hal tersebut adalah persoalan setiap orang yang hidup di dunia ini. Namun kehilangan fokus dan pengertian akan makna hidup dan “kehidupan setelah mati” bisa membuat banyak orang susah untuk hal yang tidak perlu disusahkan.

Itu sebabnya di dalam Alkitab, Tuhan menggambarkan kehidupan di muka bumi ini sebagai perjalanan yang sederhana dan sementara. Kalau kita lihat kehidupan Abraham, Ishak, Daud dan saksi-saksi iman di Ibrani pasal 11, kita akan lihat masa hidup mereka digambarkan hanya sebagai Masa Ujian Iman atau suatu Penugasan Sementara.

Hanya sedemikian! Memang masing-masing saksi iman itu memiliki atribut-atribut kehidupan yang berbeda-beda. Ada yang sebagai raja, sebagai nabi, sebagai seorang negarawan, seorang petualang, seorang gembala dan banyak lagi yang lain. Tapi itu bukanlah faktor yang penting di mata Tuhan. Itu juga bukanlah faktor yang membedakan di mata Tuhan. Bahkan itu semua bukanlah faktor yang menentukan untuk membuat Tuhan berkenan.

Dan kalau kita membaca ayat di kitab Ibrani pasal 11, kita melihat mereka hidup dengan pengertian yang sama.

Dalam iman mereka semua ini telah mati sebagai orang-orang yang tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu, tetapi yang hanya dari jauh melihatnya dan melambai-lambai kepadanya dan yang mengakui, bahwa mereka adalah orang asing dan pendatang di bumi ini. Sebab mereka yang berkata demikian menyatakan, bahwa mereka dengan rindu mencari suatu tanah air. Dan kalau sekiranya dalam hal itu mereka ingat akan tanah asal, yang telah mereka tinggalkan, maka mereka cukup mempunyai kesempatan untuk pulang ke situ. Tetapi sekarang mereka merindukan tanah air yang lebih baik yaitu satu tanah air sorgawi. Sebab itu Allah tidak malu disebut Allah mereka, karena Ia telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka.
(Ibrani 11:13-16)

Mata Yang Tertuju Pada Garis Finish
Apakah hidup anda dan saya saat ini begitu complicated dan stressful? Apakah sikap seperti itu mampu membuat anda lebih berhasil dalam apapun yang anda kerjakan? Mungkin kita sudah mulai lupa akan “ending-line” yang Tuhan janjikan di kitab Wahyu pasal 22. Mungkin pikiran kita sudah terlalu teralihkan oleh rumitnya persoalan hidup sehingga kita lupa akan mana yang penting dan mana yang tidak terlalu penting, mana yang bersifat kekal dan mana yang bersifat sementara, mana yang menyenangkan Tuhan dan mana yang hanya menyenangkan manusia.

Reply With Quote
Old 16th March 2009, 13:58 #4  
Addict Member

tretreterter is offline

Join Date: Mar 2009
Posts: 115
tretreterter is a new comer
Default Mau Kaya…?

Mau Kaya…?
adhari purnawan m chanani
kurniadi m chanani

taufik m chanani

Kalau ditanya mau kaya, ya pasti semua juga mau kaan..? Saya teringat satu pepatah,’hemat pangkal kaya’.

Setelah kita berusaha memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan dari primer hingga tersier, kita sering berada dalam kondisi kekurangan. Itu artinya kita belum kaya..(maaf seenaknya menterjemahkan arti kaya ). Salahsatu masalahnya adalah kita sering bergaya kaya sebelum kaya beneran.. . Berhemat memang bukan kewajiban orang yang belum kaya, tapi sangat tepat bila yang ingin kaya mengaplikasikannya.Berikut adalah tips sederhana dalam rangka berhemat, terutama buat para wanita yang mayoritas adalah ‘manajer’ dalam keluarga atau setidaknya bagi dirinya sendiri :


Mematikan listrik bila tidak digunakan. Selama ada arus listrik yang menyala di rumah kita, selama itulah KWH meter berputar menambah jumlah tagihan listrik kita.
Tutup kran serapat mungkin bila selesai menggunakan air. Selain menghemat tagihan PAM (kalau yang berlangganan PAM), juga menghemat persediaan air di bumi ini.
Matikan alat elektronik bila tidak digunakan, seperti TV, radio, tape, kipas angin, AC. Selain menghemat listrik juga mengurangi beban kerja alat elektronik tsb., sehingga dapat lebih berumur panjang.
Ambil manfaat lebih dari sampah. Sampah dari sayuran dan buah-buahan bisa jadi kompos, sampah plastik bisa didaur ulang..
Bila tidak diburu waktu dan jaraknya tidak terlalu jauh, pergi ke suatu tempat (pasar, kantor) dengan berjalan kaki bisa bermanfaat banyak.
Hindari terlalu sering makan diluar. Karena harga makanan di luar cenderung lebih mahal dibanding bila makan di rumah.
Gunakan catatan sebelum belanja, dan patuhi.
Bawa uang secukupnya bila belanja. Membawa uang lebih sering mengurangi kemampuan kita untuk menahan godaan beli barang yang tidak perlu.
Perhitungkan kembali untuk menggunakan kartu kredit.
Hindari belanja dengan anak-anak, kecuali berniat jalan-jalan bersama. Anak-anak biasanya kurang tahu apa artinya mematuhi anggaran belanja, sehingga banyak hal yang tidak perlu harus juga dibelikan.
Hindari belanja dengan teman-teman biasa berlebihan dalam belanja, karena kita sering terpengaruh.

Buat perencanaan anggaran bulanan, dan patuhi. Apa artinya membuat anggaran, kalau kita tidak mematuhinya kan..?
Jadikan menabung adalah urutan kedua setelah anggaran bulanan tertutupi. Biasanya kita menabung bila ada uang sisa setelah menggunakan uang pada hal-hal yang kurang perlu. Sebaiknya menabunglah setelah kita membayar utang (tagihan-tagihan bulanan), keperluan rutin. Jadi bukan sisa. Artinya jadikan menabung sebagai anggaran rutin juga.
Beli makanan secukupnya, membeli makanan dalam jumlah banyak sering menyebabkan anggota keluarga lebih boros.
Kalau mampu dan ada waktu, lakukan suatu pekerjaan sendiri, seperti cuci motor, cuci mobil, cuci karpet, dll.

Masih banyak tips hemat lainnya. Kesimpulannya jangan anggap remeh uang receh/pengeluaran sepele. Karena seperti pepatah; sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit. Betul kan..? Kalau ingin bukti, jumlahkan saja pengeluaran sepele kita tiap bulan secara kumulatif, anda akan tercengang melihatnya. Semoga bermanfaat…!

Reply With Quote
Old 16th March 2009, 14:00 #5  
Addict Member

tretreterter is offline

Join Date: Mar 2009
Posts: 115
tretreterter is a new comer
Default Tips Menjaga Daya Ingat

Tips Menjaga Daya Ingat
Otak kita sebenarnya tidak pernah kehilangan daya ingat. Fungsi otak bak seperti halnya komputer, yang dapat merekam segala sesuatu. Agar otak berfungsi secara optimal, membutuhkan latihan fisik dan mental bersama-sama dengan nutrisi khusus, untuk menjaga daya ingat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga daya ingat tetap baik, yaitu:

1. Perbanyak Zat Besi. Penelitian menunjukan bilamana konsumsi zat besi berkurang maka berdampak detrimental pada tingkat IQ dan fungsi kognitif, karena zat besi memainkan peranan penting dalam merubah sinyal dalam otak.

2. Latihan Mental. Rangsangan mental tetap menjaga otak sehat dan meningkatkan daya ingat. Kegiatannya bisa beragam dari permainan s/d pelatihan.

3. Latihan Fisik. Olah Raga dapat memperbaiki kemampuan jantung untuk mempompa lebih efektif darah ke otak dan mengatur pernapasan.

4. Minum Ginkgo Biloba. Ginkgo Biloba dapat memperbaiki sirkulasi darak ke otak dengan membesarkan pembuluh darah sehingga meningkatkan supply darah ke otak.

5. Konsumsi Minyak Ikan. Minyak ikan banyak mengandung asam lemak omega 3 yang merupakan komponen penting dari membran sel dan dapat meperbaiki kekuatan daya ingat.

6. Mengkonsumsi Kedelai. Kedelai mengandung isoflavones yang dapat bertindak sebagai reseptor esterogen dalam otak manusia.

7. Minum Kopi. Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi.

8. Refresing. Otak juga bak sebuah mesin, dimana pada tingkat kepanasan tertentu harus diistirahatkan agar tidak jebol. Makanya kegiatan refresing juga diperlukan juga diperlukan untuk mem-balance-kan kepenatan otak agar tidak “krodit”.

9. Mengunyah Permen Karet. Penelitian bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan detak jantung sehingga memperbaiki oksigen yang dikirim ke otak dan meningkatkan kekuatan kognitif.

Reply With Quote
Old 16th March 2009, 14:01 #6  
Addict Member

tretreterter is offline

Join Date: Mar 2009
Posts: 115
tretreterter is a new comer
Default Tips Menjaga Daya Ingat

Tips Menjaga Daya Ingat
adhari purnawan

Otak kita sebenarnya tidak pernah kehilangan daya ingat. Fungsi otak bak seperti halnya komputer, yang dapat merekam segala sesuatu. Agar otak berfungsi secara optimal, membutuhkan latihan fisik dan mental bersama-sama dengan nutrisi khusus, untuk menjaga daya ingat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga daya ingat tetap baik, yaitu:

1. Perbanyak Zat Besi. Penelitian menunjukan bilamana konsumsi zat besi berkurang maka berdampak detrimental pada tingkat IQ dan fungsi kognitif, karena zat besi memainkan peranan penting dalam merubah sinyal dalam otak.

2. Latihan Mental. Rangsangan mental tetap menjaga otak sehat dan meningkatkan daya ingat. Kegiatannya bisa beragam dari permainan s/d pelatihan.

3. Latihan Fisik. Olah Raga dapat memperbaiki kemampuan jantung untuk mempompa lebih efektif darah ke otak dan mengatur pernapasan.

4. Minum Ginkgo Biloba. Ginkgo Biloba dapat memperbaiki sirkulasi darak ke otak dengan membesarkan pembuluh darah sehingga meningkatkan supply darah ke otak.

5. Konsumsi Minyak Ikan. Minyak ikan banyak mengandung asam lemak omega 3 yang merupakan komponen penting dari membran sel dan dapat meperbaiki kekuatan daya ingat.

6. Mengkonsumsi Kedelai. Kedelai mengandung isoflavones yang dapat bertindak sebagai reseptor esterogen dalam otak manusia.

7. Minum Kopi. Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi.

8. Refresing. Otak juga bak sebuah mesin, dimana pada tingkat kepanasan tertentu harus diistirahatkan agar tidak jebol. Makanya kegiatan refresing juga diperlukan juga diperlukan untuk mem-balance-kan kepenatan otak agar tidak “krodit”.

9. Mengunyah Permen Karet. Penelitian bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan detak jantung sehingga memperbaiki oksigen yang dikirim ke otak dan meningkatkan kekuatan kognitif.

Reply With Quote
Old 16th March 2009, 14:02 #7  
Addict Member

tretreterter is offline

Join Date: Mar 2009
Posts: 115
tretreterter is a new comer
Default Meneningkatkan konsentrasi

Meneningkatkan konsentrasi
adhari purnawan


Kemampuan berkonsentrasi pasti membawa keberhasilan. Kemampuan ini menghasilkan penguasaan atas situasi, meningkatkan keefisienan, dan memungkinkan Anda memecahkan masalah Anda. Milton Wright berkata, "Ukuran bagi seorang manusia adalah sejauh mana ia dapat berkonsentrasi." Sebelumnya, Emerson menulis, "Konsentrasi adalah rahasia keberhasilan dalam politik, perang, perdagangan, singkatnya dalam semua manajemen urusan manusia."

Bila Anda merasa daya konsentrasi Anda lemah, cobalah beberapa saran dari Robert J. Lumsden yang dituliskan dalam bukunya 23 Langkah Menuju Sukses dan Prestasi :


Pertama, lakukan segala yang dapat Anda kerjakan untuk mencegah masuknya gangguan. Belajar di dalam ruang duduk di mana radio atau TV dinyalakan atau orang lain tengah berbicara, tidak akan membantu. Bekerjalah sendiri dan usahakan agar ruangan memiliki ventilasi, penerangan, dan kehangatan yang memadai.
Sewaktu memulai, tolak godaan untuk bermimpi tentang masa lalu atau masa datang. Jangan biarkan mata Anda menatap berkeliling, tetapi jaga agar tetap menatap ke arah pekerjaan Anda. Anda akan terbantu dengan menuliskan catatan atau menggambar sketsa yang relevan dengan subjek yang Anda hadapi.
Salah satu musuh dari konsentrasi adalah kebosanan. Perhatian Anda tidak melayang ke mana-mana selama menonton film atau sewaktu membaca novel yang mencekam. Kebosanana mungkin menyelinap masuk apabila Anda bekerja terlalu lama. Oleh karena itu, batasi waktu belajar selama satu jam; kemudian ambil isitrahat selama sepuluh menit dan kerjakan sesuatu yang berbeda.
Anda akan terbantu dengan menetapkan batas waktu. Berikan diri Anda jumlah kerja yang pantas untuk dikerjakan dalam satu jam, satu minggu, satu bulan. Dengan memberikan tantangan kepada diri Anda, Anda telah mendapatkan bantuan untuk emosi Anda, dan rasa harga diri akan terus mendorong Anda.
Musuh terakhir dari konsentrasi adalah sikap mengalah. Jangan pernah berpikir negatif seperti - Saya tidak akan pernah menguasainya. Otak Anda lebih mampu dan cakap darpiada yang Anda kira. Jangan takut untuk meregangkannya. Otak akan bangkit karena tuntutan yang lebih berat. Percayalah akan kekuatan Anda sendiri. Hampiri pekerjaan dengan tekad.
Di balik tips itu semua, daya ingat dan konsentrasi akan makin menurun dengan bertambahnya umur. Ada cara-cara untuk menjaga daya ingat dengan menggunakan jembatan keledai, dsb. Penurunan daya ingat yang amat cepat dapat disebabkan kerusakan sel otak akibat trauma kepala, penyakit pembuluh darah otak (stroke karena penyempitan pembuluh darah otak),

Reply With Quote
Old 16th March 2009, 14:04 #8  
Addict Member

tretreterter is offline

Join Date: Mar 2009
Posts: 115
tretreterter is a new comer
Default Berlibur ke Jakarta dengan hemat dan aman

Berlibur ke Jakarta dengan hemat dan aman

adhari purnawan


Jakarta, mungkin sebagian orang merupakan kota impian nan indah, sebagian lagi mengatakan "ahh kota sumpek, macet, nggak aman" dan sederet kata minus lainnya, sesungguhnya jakarta memang punya magnet bagi teman-teman yang belum pernah berkunjung kesana, nah bagaimana menyiasati budget yang tidak terlalu banyak agar bisa kesana, beberapa tips dari saya, yang sudah coba kesana dengan gaya backpacker lokal tapi asyik hitung2 latihan jadi backpacker di luar negeri.

pertama, bila anda datang dari Balikpapan, sebagian sumatra dan bali atau kualumpur ada penerbangan murah airasia online bila tidak musim liburan tiket return bisa dibawah 500 rb, sebaliknya, harga tiket return bisa sampai Rp.1,000,000 (termurah dari yang lain), lion air dan mandala air pun sidah bisa dibeli via internet. Untuk mendapatkan tiket murah beli 3 atau 5 bulan sebelumnya. Untuk meminimize biaya hindari membeli makanan/minuman di bandara, jadi sebaiknya anda siapkan dari rumah, hindari pula berangkat/pulang pada hari libur atau long week end karena biasanya harga tiket akan melonjak.

Tiba di bandara Soekarno Hatta, pilihlah naik bus Damri ke beberapa terminal bus dan stasiun kereta api (sesuaikan dengan tempat menginap) ada jurusan Blok M, Gambir, Kampung Rambutan, Bogor, Lebak Bulus, Bekasi, Rawamangun dengan tarif Rp15.000/orang

Turun dari bus Damri perjalanan bisa dilanjutkan dengan taksi, bus umum, microlet, bajaj bahkan ojek, ada taksi yang punya reputasi baik yakni Blue Bird Group, namanya terpampang di kaca depan, semuanya warna biru, tapi jgan terkecoh dengan taksi warna biru yang lain. ingat nomor taksinya agar bila terjadi sesuatu anda bisa kontek ke pusat informasi taksi tsb. Anda tidak perlu sungkan krn tidak memberi tip kepada supir.

Sebelum berangkat saya yakin anda sudah punya rencana mau nginap dimana? di tempat teman,sodara atau hotel, bila di hotel saya sarankan anda menginap di aerah senen atau kwitang karena tempat ini sangat strategis, ke ancol-mangga dua, tanah abang, monas, blok m, cempaka mas sangat dekat dan hanya perlu 1 kali transport. disekitar ini pun banyak warung dan resto, ada hotel seharga Rp. 150.000 per mlm, AC, kmar mandi dalam, TV atau kalau budget terbatas ada kos harian di dalam atrium Senen Rp 60.000 AC kmr mandi luar atau Rp 100.000 AC kmr mandi dalam bisa call ke budi             021 92852658      , aman dan bersih, tapi bila Anda rombongan lebih dari 10 orang saya sarankan memilih wisma, ada wisma listrik di taman mini, ada wisma PLN di Slipi, wisma PKBI di dan wisma Pertamina di Mayestik, semuanya bisa di search di www.google.com

urusan makan jgn khwatir ada nasi padang Rp.6500, nasi udug Rp.4000 atau food court di mall2 yg harganya terjangkau.

Hati2 bila naik bus umum, pastikan jurusan yang anda tuju sama dengan jalur bus tersebut, bertanya kepada petugas terdekat kami sarankan, jangan bertanya pada orang sekitar krn bisa saja mereka juga tidak paham lalu memberi info menyesatkan, ongkos bus kota rata2 2500-3000 tapi untuk mikrolet (kijang station warna biru muda dengan kode M) biasanya berdasarkan jarak tapi tarif maksimum hanya Rp.3000, jangan lupa menyiapkan uang receh Rp200 untuk pengamen, jangan memberi lebih karena jumlah pengamen sepanjang jalan sangat banyak, bila anda tidak ingin memberi cukup angkat tangan saja.

urusan belanja jangan khawatir di Jakarta ada banyak tempat belanja yang murah, baik eceran ataupun grosiran, yang terkenal Tanah Abang, pasar Pagi Mangga Dua (hati2 jangan salah masuk karena ada Mangga dua square, wtc mangga dua dan mall mangga dua), Cempaka Mas, Pasar Baru dan untuk keperluan elektronik silakan ke kawasan glodok, agar tidak terlalu lelah berbelanja ditempat yang sangat luas pastikan kebutuhan belanja anda terlebih dahulu karena setiap lantai/level telah dikelompokkan jenis barangnya. Hindari membawa uang cash yang banyak karena ATM menyebar dimana-mana.

Bila Anda datang pada pertengahan Juni sampai akhir bulan Juli itu sangat tepat karena ada Pekan Raya Jakarta (PRJ) di daerah Kemayoran, ada bus khusus dari terminal Senen ke kawasan ini, harga barang di PRJ sangat miring disamping Anda pun bisa menyaksikan tampilan artis-artis ibukota di malam hari.



Kini tiba giliran pikinik, bila Anda ingin ke musium pastikan itu bukan hari Minggu karena mereka libur, bila ingin ke Monas dan ingin naik ke puncaknya pilihlah hari senin atau rabu karena antrian tidak terlalu panjang (kecuali hari libur).

Tempat yang paling ramai dikunjungi adalah kawasan Ancol, jangan kaget kalau semunya harus dibayar, pertama masuk ke gerbang utama bayar Rp. 10.000/orang, seterusnya ke Sea World (aquarium raksasa air asin dan air tawar) Anda harus membayar Rp.30.000 lalu ke Gelanggang Samudra Rp.20.000 lalu ke Dunia Fantasi (dufan) Rp.70.000 belum termasuk transportasi di dalam kawasan ancol, plus harga makanan dan minuman yang agak mahal, bila selera Anda cocok dengan MC’D disana ada outletnya dengan harga paket.



Bila waktu Anda sekitar 4 hari atau lebih Anda saya sarankan ke Taman Safari di Cisarua Bogor, pertama Anda harus naik bus ke UKI Cawang, lalu pindah ke bus AC jurusan Bogor via toll Jagorawi (Rp.7.500), turun di terminal Baranangsiang, ganti angkot ke arah Taman safari (Rp.3000) turun di simpang tiga taman safari dan naik angkutant desa masuk ke kawasan taman safari (Rp.2.000) lalu Anda beli karcis masuk seharga Rp.30.000 dan dengan bus khusus Anda akan dibawa berkeliling melihat satwa yang berkeliaran di alam bebas (tidak seperti di kebun binatang), Anda pun bisa menyaksikan pertunjukan aneka satwa (gratis) dan setelah puas didalam arena pertunjukan akan ada bus yang nengantar Anda keluar dari kawasan tersebut, kembali lagi kearah sebaliknya menuju Jakarta.


Semoga bermanfaat, saya punya daftar hotel berbintang dan hotel melati di setiap wilayah jakarta, selamat berlibur, bila perlu informasi tambahan silakan di reply

Reply With Quote
Old 16th March 2009, 14:06 #9  
Addict Member

tretreterter is offline

Join Date: Mar 2009
Posts: 115
tretreterter is a new comer
Default Mayasari Bakti 926, Tarif Tidak Sesuai

← Salemba - Pondok Labu Konsultasi Gue →

Mayasari Bakti 926, Tarif Tidak Sesuai
Saya sangat kecewa dengan bis kota Mayasari bakti jurusan Blok M - Pasar senen (dengan nomor jurusan 926).Kronologisnya adalah waktu itu saya baru pulang dari kampung hari rabu, 21 Mei 2008 pukul 03.30 dini hari dan turun di stasiun Pasar Senen.Saat itu waktu masih terlalu pagi, tetapi saya yakin bahwa bis yang akan mengantar saya ke Blok M pasti ada.

Setelah bis tersebut mendapatkan penumpang yang cukup dan pada waktu itu penumpangnya yang saya tahu sebagian besar dari kampung yang baru turun dari kereta api, kernet bis Mayasari bakti dengan nomor polisi B 7335 BK, menagih tarif tidak sesuai tarif yang berlaku.

Saya sudah merasakan ada yang tidak beres dengan si kernet karena saya kebetulan duduk di paling belakang dan otomatis saya tahu sekali apa yang dilakukan oleh si kernet. Sampai pada akhirnya saya ditagih oleh kernet tersebut dan uang Rp 2000 saya berikan kepadanya dan ternyata kernet tersebut tidak terima terhadap uang yang saya berikan. karena pada waktu itu saya tahu bahwa tarif bis tersebut hanya Rp 2000, tetapi kernet meminta kepada saya Rp 3000, alhasil saya protes. Protes yang saya ajukan kepada kernet tersebut mendapat respon yang kurang memuaskan, alasannya adalah pada jam (03.00 pagi) bukan jam trayek bis tersebut dan saya membantah kenapa bis Mayasari Bakti dengan nopol B 7335 BK mau beroperasi pada jam tersebut. Dengan protes yang saya ajukan tadi si kernet berlagak tuli. Untuk itu kepada Pimpinan armada bis Mayasari bakti jurusan Blok M - Pasar Senen dengan nomor jurusan 926 untuk memberikan teguran pada kernet dengan nopol yang saya tulis di atas.

Reply With Quote
Old 16th March 2009, 14:09 #10  
Addict Member

tretreterter is offline

Join Date: Mar 2009
Posts: 115
tretreterter is a new comer
Default Mantan Preman Blok M Jadi Pengusaha di Melbourne !

Mantan Preman Blok M Jadi Pengusaha di Melbourne !

adhari purnawan

Siapa bilang preman ga punya masa depan? Pak E alias Sisco yang bernama asli Siswanto Wiropuspito adalah preman insyaf yang membangun kembali masa depannya. Mantan Pengamen Jalanan dan Preman Blok M di tahun 1996 itu, kini sukses mengelola Restoran Blok M di Melbourne, Australia. Nama Blok M dipilih untuk mengenang masa lalunya yang kelam. Kalo pas lagi mampir di Melbourne, silakan sambangi warungnya yang terletak di Commercial Road, Prahran. Pak’E yang dulu bolak balik keluar penjara, pengedar narkoba, dan pencopet, menjalankan usaha restonya itu dengan bermodalkan semangat dan kerja keras. Selain memasak, ia juga kerap menghibur tamunya dengan menyanyikan lagu-lagu jalanan.

Waktu kita mampir ke sana, sederetan menu disajikan untuk menyambut kita. Menunyapun unik, lumayan buat menghibur kerinduan pada jajanan tanah air. Ada Gule Tikus Blok M, Nasi Goreng Wong Edan, Gudeg Mbah Maridjan, Ikan Bakar SMS (Sarana Menuju Selingkuh), Lontong ATM (Anak Tampang Mesum), Soto Gempa Bumi, dan minuman spesial Wedang Jahe Bakar. Secara resto orang Australia, memang resto milik Pak E ini keliatan lebih kumuh. Konon katanya, petugas Higienitas dari Departemen Kesehatan Australia memerintahkan restoran ini untuk ditutup karena tidak memenuhi prosedur higienitas mereka. Namun saat mereka mencicipi tongseng kambing olahan Pak E, mereka sungguh terpesona dengan rasanya yang begitu ’mak nyuus’ kalo kata Pak Bondan. Dan yang mengejutkan, petugas tersebut keesokan harinya mengajak keluarganya makan di situ. Bahkan, saat anaknya ulang tahun, acaranya dirayakan restoran milik Pak’E.

Pak’E merasa bersyukur dengan kehidupannya sekarang. Selama sepekan resto ini menghasilkan lebih dari 7000 dollar Australia atau sekitar Rp49 juta. Resto ini juga menjadi langganan para pejabat, selebritis, dan tokoh-tokoh Indonesia apabila mereka sedang berkunjung ke Melbourne. Hal itu tampak dari foto-foto yang dipajang di seantero dinding restaurant. Jadi, benar kata orang bijak, jangan menyepelekan makanan. Lewat makanan, pak’E membangun kembali masa depannya.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Anggi Rocker

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ^_^ ! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.
[-] jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
[-] jangan komentar yang berisi link hidup,
[-] jangan berkomentar yang tidak relevan dan berkualitas rendah ,karena akan saya abaikan dan tidak akan saya Approve. Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.
SERING-SERING BERKUNJUNG SOBAT

 
Support : Google Impact | Google.com
Copyright © 2013. 1# | Knowledge and inspiration - All Rights Reserved
Template Modify by Anggirocker
Proudly powered by Blogger