Featured

Home » » belajar SEO blog

belajar SEO blog

Belajar seo untuk blogger blogspot

Azon Profit Master
Seperti para blogger-blogger yang lain, sekitar 6 tahun yang lalu saya mengawali dunia blogging dengan belajar blogger dan SEO untuk blogspot. Dan hebatnya, beberapa komentar yang masuk ke blog ini juga ada yang berasal dari blogger blogspot. Oleh karena itu di postingan kali ini saya sekedar sharing bagaimana saya dulu belajar SEO blogger dan liku-liku blogspot.com biar para blogger blogspot juga bisa belajar dari kesuksesan saya.

kesuksesan traffik dan earning blogspot dari blogger

Ternyata dari sejak awal bermain bisnis online saya telah mencoba blogger selama 3 tahun, berbagai buku dan tutorial saya baca dan terapkan . Walaupun tidak semuanya berhasil dan dari sekian kali banyak mencoba hasil yang saya peroleh dari bermain blogger.com adalah :
  1. Saya bisa mendaftar adsense dengan modal blog sendiri
  2. Penghasilan adsense saya sebelum berpindah ke wordpress alias murni pakai blogspot adalah $12, itu saya raih selama 2 sampai 3 tahun.
  3. Traffik tertinggi dari blog blogspot yang saya punya mencapai 4oo unik visitor per hari. sedangkan blog yang lain sepi seperti kuburan. Blogg sukses tersebut masih pakai bahasa indonesia, sedangkan yang pakai bahasa londo traffiknya cuma puluhan per hari tidak lebih dari total jari tangan dan kaki. Karena blognya pake bahasa sendiri iklannya waktu itu pakai kumpulblogger dengan penghasilan 30 ribu sampai 50 ribu per bulan.
Walaupun kelihatannya saya tidak begitu sukses dalam dunia blogspot tetapi waktu itu saya tetap nekat dan terus nekat melanjutkan blog blogger.com terpicu oleh sebuah kisah sukses blogger dari filipina yang konon bisa menghasilkan $1000 per bulan dari adsense. Yang bikin saya heboh, konon blogger tersebut mengeruk duit adsense dengan modal 7 buah blog blogspot yang dikelola setiap hari bersama istrinya.
Untuk medatangkan traffik mereka ternyata harus rajin posting berita populer setiap hari. Dan tentunya dengan senjata-senjata SEO yang mereka kuasai . Dan faktor keteguhan dan harus posting setiap hari ini lah yang bikin saya KO karena jelas gak mungkin bisa… gak ada biaya, gak ada koneksi, gak ada waktu, gak ada bahan cerita, dan banyak alasan lainnya yang saya buat-buat . Akhirnya, apa yang saya dapat dari blogspot adalah 3 poin di atas.

Trik SEO blogger blogspot

Dahulu, fokus SEO saya terpaku hanya pada beberapa poin antara lain :

1. Theme SEO friendly blogger blogspot

Hal ini selalu menjadi perhatian saya untuk mencari-cari template, tapi apakah template blogger benar-benar berpengaruh terhadap SEO blogspot?

2. Fokus pada konten-konten yang banyak dicari.

Karena belum ada bahan blogging yang pasti selain itu juga masih bingung ingin membuat blog niche apa akhirnya posting yang saya tulis tentang berita-berita yang sedang trend dan banyak dicari beritanya. Tapi itupunmasih kurang maksimal karena saya juga tidak aktif online.

3. Mencari backlink di awal-awal posting

agar cepat terindex dan bamyak halaman posting yang terindex saya melakukan kampanye backlink terutama di awal-awal bulan memulai blogging. Teknik backlink yang saya lakukan juga masih manual yaitu comment blog lain dan bookmarking. itu saja.
Hasilnya, untuk blog indonesia yang paling sukses hanya meraih maksimal 400 pengunjung per hari itupun setelah lebih dari 2 bulan posting dan backlink. Sedangkan yang blog pake bahasa inggris lebih mengenaskan karena traffik juga gak lebih dari 100 bahkan tidak lebih dari jumlah jari kaki dan tangan setiap harinya.

Kesalahan teknik SEO blogspot

Setelah berpindah ke wordpress dan terus belajar akhirnya saya menyadari beberapa kesalahan dan kekurangan teknik SEO saya terdahulu, beberapa kesalahan yang saya lakukan antara lain
  1. Lupa menulis posting yang disukai pengunjung dan teknik menulis posting yang SEO frinedly . Karena hanya fokus memilih dan ganti-ganti template blogger akhirnya tidak fokus pada SEO dari artikel postingan.
  2. Backlink tidak merata, serangan backlink hanya di awal saya, selain itu juga hanya backlink di home saja. walapun beberapa bookmark saya arajkan langsung ke halaman posting tapi tidak banyak dan tidak rutin. Selain itu backlink yang saya pasang juga tidak begitu berkualitas.
  3. Tidak memakai domain sendiri. akan lebih keren dan kredibel bila blog kita pakai domain sendiri.
Akhirnya dari sekian banyak blogger yang saya punya hanya 3 yang masih benar benar saya gunakan. tapi bukan sebagai sarana blogging hanya sebagai tempat backlink.
Bahkan dulu salah satu backlink saya bisa dapat PR 2 tetapi sekarang malah jadi PR 0. Selain itu untuk bertempur melawan website-website dari luar negeri jelas kalah jauh kalau hanya mengandalkan blogspot. Website-website luar banyak yang memiliki PR tinggi, artikel posting yang berkualitas, backlink juga terus menerus bertambah. Bahkan walaupun dengan blog wordpress hosting sendiri pun kalau harus main SEO di keyword bahasa inggris harus benar-benar siap mental, teknik , dan dana.

Dari blogger blogspot ke blog wordpress

Sebetulnya sudah sejak lama saya pingin mencoba pakai wordpress, tetapi karena waktu itu masih awam, dan belum ada biaya akhirnya kita pasrah saja, maklum masih mahasiswa . Sampai akhirnya kita dapat pinjaman dana langsung saya gunakan untuk sewa hosting, beli domain.
Memang pertama kali menggunakan wordpress tidak langsung sukses tetapi dengan menggunakan wordpress menjadikan kita lebih cepat berkembang, dan tambah banyak ilmu.
Bagi saya, blogger blogspot memang mudah, gratis, bebas, tetapi ternyata apa yang kita dapat juga sebanding dengan modal kita. Untuk mendapatkan yang lebih besar kita juga harus lebih berani bermodal, lebih banyak belajar, bekerja keras, kerja pandai, bekerja sama.
Bagi para blogger yang ingin pindah ke wordpress, saya sarankan memakai hosting hostgator karena selain sudah terbukti kahandalannya yang paling penting adalah supportnya yang cepat dan tanggap. Hal ini penting karena bagi pemula yang memakai hosting pasti bakal butuh support untuk mengatasi masalah-masalah yang akan datang.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Anggi Rocker

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ^_^ ! Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan.
[-] jangan berkomentar SPAM (promosi, dll,)
[-] jangan komentar yang berisi link hidup,
[-] jangan berkomentar yang tidak relevan dan berkualitas rendah ,karena akan saya abaikan dan tidak akan saya Approve. Maaf apabila ada komentar yang belum saya tanggapi karena saya tidak online 24 Jam. Terima kasih.
SERING-SERING BERKUNJUNG SOBAT

 
Support : Google Impact | Google.com
Copyright © 2013. 1# | Knowledge and inspiration - All Rights Reserved
Template Modify by Anggirocker
Proudly powered by Blogger